Libatkan Pramuka Sukseskan Germas

WhatsApp-Image-2018-11-21-at-5.33.03-PM.jpeg

Perkuat Kinerja Saka Bakti Husada Lewat Kursus Orientasi Kepramukaan

Dinkesgorontaloprov – Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Provinsi Gorontalo, diakhir tahun ini memperkuat pembinaan kepramukaannya lewat kursus Orientasi bagi pembina pramuka Saka Bakti Husada se Provinsi Gorontalo. Kegiatan yang berlangsung di New Rachmat Hotel Kota Gorontalo, Rabu (21/11) dibuka langsung Ketua Kwarda Gorontalo, Idah Syahidah Rusli Habibie, didampingi Plh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Zusiana Muis, Kepala Bidang Sumber Daya Kesehatan, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB serta para pengurus Kwarda Gorontalo.

Dalam Orientasi Kepramukaan ini, Ka Idah Syahidah meminta Saka Bakti Husada dapat melibatkan anggota pramuka yang sudah tersebar di seluruh provinsi Gorontalo. Baik ditingkat sekolah dasar hingga perguruan tinggi untuk dapat mengkampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas). Anggota pramuka yang umumnya adalah generasi milenial sangat potensial untuk diajak bekerjasama dalam mensosialisasikan Germas di masyarakat. “Seharusnya sumber daya ini dimanfaatkan. Anggota pramuka di masing-masing sekolah harus diedukasi untuk bagaimana cara masyarakat agar mau hidup sehat. Minimal dimulai dari kelompok mereka ini, kemudian merambah kepada orang tua, keluarga bahkan rekan-rekan mereka. Sehingga Germas benar-benar memasyarakat,” ucap Idah Syahidah.

Melihat potensi tersebut, maka akan semakin banyak orang yang paham dan tahu berperilaku hidup sehat dan bersih. Pemerintah Provinsi Gorontalo dengan program unggulannya yaitu pelayanan kesehatan yang lebih prima sudah seharusnya menyasar generasi milenial. “Ketika informasi itu disampaikan, maka hal itu yang akan tertanam dalam pikiran mereka, bahwa hidup sehat dan bersih itu sangat penting dalam kehidupan mereka sehari-hari. Ternyata ini loh penyakit-penyakit yang dapat menyebabkan kematian, iniloh penyakit-penyakit menular kalau kita melakukan sesuatu yang buruk. Harus ada edukasi itu,” tegas Idah.

Sehingga pada kegiatan orientasi kepramukaan yang dilaksanakan Saka Bakti Husada bagi pembina pramuka, menjadi momen untuk meningkatkan kompetensi kepada pembina tersebut. “Nanti pembina Saka Bakti Husada inilah yang akan meneruskan kepada anggota pramuka. Baik itu kepada anggota Saka Bakti Husada maupun anggota pramuka lainnya disetiap kegiatan-kegiatan kemah, baik ditingkat gugus depan maupun yang digelar Kwarda Provinsi Gorontalo. Karena sekarang jumlah anggota pramuka itu sudah ribuan orang,” tandas Idah. (ndi)

Pewarta :andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × 2 =

scroll to top