Puskesmas Molingkapoto Lakukan Penyuluhan TBC dan Etika Batuk Bagi Pengunjung

IMG-20230324-WA0036.jpg

Penyuluhan TBC oleh Puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara.

Kabupaten Gorontalo Utara, Dinkesprov – Dalam rangka Peringatan Hari Tuberkulosis (TBC) Sedunia, 24 Maret 2023, Puskesmas Molingkapoto melakukan sosialisasi TBC kepada pengunjung di ruang tunggu Puskesmas. Kegiatan ini dimaksudkan untuk mengenalkan TBC lebih luas lagi dan memberikan informasi terkait cara pencegahannya.

Di dunia, Indonesia menempati urutan kedua negara dengan beban TB terbanyak, setelah India, dengan angka kematian tahun 2022 berkisar 160.000 jiwa naik 60% dari tahun 2020.

Kepala Puskesmas Molingkapoto, S. Galuh Pawestri, dalam pengantarnya menyampaikan Puskesmas Molingkapoto sebagai salah satu Pusat Pelayanan Kesehatan Masyarakat di Kabupaten Gorontalo Utara, terus berkomitmen untuk mensukseskan Program TBC.

“Hal ini dilakukan melalui peningkatan penemuan kasus, akses pengobatan dan peningkatan mutu layanan terutama untuk pasien TBC,” ujar Galuh.

Dalam penyuluhan tersebut disampaikan terkait gejala TBC, bagaimana cara mencegah, mensosialisasikan Etika Batuk dan Bersin yang benar dan sosialisasi pemberian Terapi Pencegah Tuberkulosis (TPT).

“Nah ini ada program baru lagi yaitu pemberian terapi pencegah tuberkulosis bagi keluarga yang kontak serumah dengan pasien TBC, ini tentu hal baik dan harapan baru untuk pencegahan tuberkulosis, yang mungkin banyak masyarakat tidak tahu, jadi kami sebagai petugas kesehatan harus menyampaikan informasi ini,” pungkas Galuh.

Kegiatan ini dilaksanakan oleh Kepala UPTD Puskesmas Molingkapoto, bersama Penanggung Jawab Program TBC, Dokter, dan Tim PPI UPTD.

Rilis : Puskesmas Molingkapoto
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =

scroll to top
Bahasa »