Untuk Menjaga Kualitas Mutu Vaksin, Petugas Vaksin di Pohuwato Dilatih

IMG-20190214-WA0001.jpg

Petugas Pengelola Vaksin yang dilatih, Selasa (12 /02/2019) bertempat di Hotel Golden Sri Kabupaten Pohuwato

Kabupaten Pohuwato, Dinkesprov – Vaksin merupakan komponen utama, dimana untuk mencapai tujuan imunisasi secara maksimal haruslah ditunjang dengan pengelolaan dan ketersediaan vaksin dalam jumlah cukup, berkualitas serta tepat waktu.

Dalam pelayanan imunisasi rantai suplai vaksin yang baik adalah elemen penentu dan merupakan unsur kritis karena ditempat inilah vaksin diterima, disimpan dan didistribusikan dalam jumlah besar, dan apabila gagal dalam pengelolaan vaksin maka dapat mengurangi bahkan merusak kualitas vaksin.

Menurut Kepala Seksi Tata Kelola Obat dan Pelayanan Kefarmasian, Farid Adam, S.Si, M.Kes, Apt bahwa sesuai data hasil monev pengelolaan vaksin di Kabupaten Pohuwato yang dilaksanakn beberapa waktu lalu, kondisi pengelolaan vaksin di puskesmas di Kabupaten Pohuwato masih memprihatinkan.

“Yang kami lihat saat ini hanya 30% puskesmas di Kabupaten Pohuwato yang menerapkan pengelolaan obat dan vaksin secara 1 pintu (one gate policy), hanya 10% petugas farmasi yang ikut mengelola vaksin dan yang paling memprihatinkan hanya 30 % puskesmas yang melakukan pencatatan suhu dan grafik suhu serta hanya 30 % yang memiliki alat control suhu” ungkapnya.

Hal inilah yang mendasari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melalui seksi tata kelola obat dan pelayanan kefarmasian untuk melaksanakan pertemuan peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan vaksin di Kabupaten Pohuwato dengan menghadirkan narasumber dari bidang SDK dan seksi survailance dan imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Adapun peserta pertemuan ini adalah petugas vaksin di puskesmas yang ada di Kabupaten Pohuwato. Kegiatan yang dilaksanakan pada tanggal 12 Februari 2019 bertempat di Hotel Golden Sri Kecamatan Marisa Kabupaten Pohuwato dibuka langsung oleh Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Melly Pakaya S.KM.,M.Kes.

Dalam sambutannya, Melly menyampaikan bahwa agar petugas vaksin yang ada di puskesmas dapat mengikuti dan memanfaatkan dengan baik pertemuan ini serta dapat mendiskusikan segala hambatan yang dialami dalam pelaksanaan pengelolaan vaksin sehingga pengelolaan vaksin yang menjamin stabilitas, kualitas khasiat dan keamanan.

“sehingga nantinya dapat di implementasikan dengan baik di Kabupaten Pohuwato”, tandas Melly

Rilis : Indah F. Datau
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

12 − 6 =

scroll to top