Terbaik Di Indonesia Tengah dan Timur, Kadinkes Anang Harap Input Aplikasi SMILE Capai 100% Hingga Akhir 2023

IMG-20230611-WA0011.jpg

Pengelola Program Imunisasi saat menerima apresiasi dan penghargaan dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Surabaya, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mendapatkan apresiasi atas ketepatan dalam melakukan input dan pelaporan Imunisasi dan Logistik kesehatan melalui aplikasi SMILE (Sistem Monitoring Imunisasi dan Logistik Elektronik), Jum’at (09/06/2023) di Surabaya.

Provinsi Gorontalo menjadi yang terbaik dalam penginputan laporan sampai dengan bulan Mei dengan capaian 100%. Menjadikan Gorontalo menjadi provinsi pertama untuk wilayah Indonesia Tengah dan timur berhasil menginput 100%.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa memberikan apresiasi dan penghargaan atas capian tersebut.

“Saya berharap kondisi ini terus konsisten sampai dengan akhir tahun sehingga stok vaksin dan logistik kesehatan selalu terpantau dan terjaga ” ucap Anang.

Dengan adanya pelaporan melalui aplikasi, petugas bisa melaporkan secara real time sehingga memangkas birokrasi yang ada. SMILE adalah salah satu aplikasi yang terintegrasi dalam sistem pelaporan online imunisasi dan logistik kesehatan.

Aplikasi SMILE menyangga lalu lintas informasi sepanjang lini berikut mulai dari distribusi logistik, pelaporan, dan pemantauan-evaluasi.

“Ini juga bisa digunakan untuk melakukan monitoring dan evaluasi ketersediaan stok logistik dan mempermudah permintaan dan pemantauan jika ada logistik maupun vaksin yang mendekati expired serta memudahkan distribusi ke kabupaten dan kota,” pungkasnya.

Beberapa langkah yang dilakukan pengelola program imunisasi sehingga penginputan laporan dalam aplikasi SMILE bisa mencapai 100% diantaranya melakukan koordinasi yang baik antara petugas pengelola program dan farmasi dalam mengelola vaksin dan logistik diprovinsi sampai ke Kabupaten/Kota dan Puskesmas.

Selain itu, adanya dukungan yang begitu besar dari Kepala Dinas Kesehatan mulai level Provinsi, Kabupaten/Kota hingga Puskesmas untuk mendorong dan melakukan pengontrolan kepada pengelola program, meningkatkan komunikasi melalui media sosial terkait pengelolaan vaksin, mulai dari target capaian imunisasi, target pelaporan data Vaksin di Aplikasi SMILE dan peran yang sangat besar dari perwakilan UNDP Gorontalo yang terus senantiasa mendampingi petugas dalam hal pemanfaatan dan penerapan Aplikasi SMILE.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 8 =

scroll to top
Bahasa »