Sekda Darda : JKN Komitmen Bersama Pemerintah dan DPRD Provinsi

IMG-20220315-WA0006.jpg

Sekda Provinsi Gorontalo Dr. Darda Daraba

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Pemerintah Provinsi Gorontalo melakukan penandatanganan Naskah Perjanjian Kerjasama terkait sharing Pembiayaan Kepesertaan dengan Pemerintah Kabupaten/Kota Tahun 2022, Selasa (15/03/2022) bertempat di Hotel Aston Kota Gorontalo.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontali, Dr. Darda Daraba mengungkapkan komitmen pemerintah Provinsi Gorontalo dalam pembiayaan jaminan kesehatan bagi masyarakat di Provinsi Gorontalo.

“Ini wujud komitmen bersama dalam menunjang jaminan kesehatan nasional terlihat dari komitmen pemerintahan antara pemerintah dan DPRD Provinsi”, ungkapnya.

Darda juga memberikan apresiasi dan terima kasih kepada pemerintah daerah Kabupaten dan Kota yang masih mempertahankan komitmen bersama dalam pembiayaan jaminan kesehatan.

“Ada tiga peran penting pemerintah daerah dalam upaya mengoptimalkan JKN ini diantaranya memperluas cakupan kepesertaan, meningkatkan kualitas pelayanan serta meningkatkan kepatuhan” kata Darda.

Sementara itu, Wakil Ketua DPRD Provinsi Gorontalo, Ir. H. Sofyan Puhi berharap seluruh masyarakat dapat tercover semua karena merupakan komitmen DPRD bersama pemerintah untuk memberikan jaminan kesehatan kepada masyarakat berdasarkan aturan dan perundang-undangan yang berlaku.

“Harapan kami sebetulnya dicover semua, Kabupaten/Kota dapat mengupdate data dan pemerintah daerah dan khususnya DPRD kami tetap komitmen mendukung program ini, bahkan sebagian besar anggaran Dinas Kesehatan ini terserap untuk pembayaran premi BPJS”, imbuhnya.

Pada kesempatan itu juga, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., menjelaskan bahwa sharing anggaran seharusnya 50% Provinsi dan 50% Kabupaten/Kota.

“Kami mendorong Kabupaten/Kota memaksimalkan pembiayaan untuk masyarakatnya itu sendiri karena dari 1 juta lebih penduduk Provinsi Gorontalo masih ada 118 ribu yang belum menjadi peserta JKN itu sendiri, untuk itu kami terus mendorong Kabupaten bisa mencapai Universal Health Coverage”, pungkasnya.

Untuk Provinsi Gorontalo sendiri, ada dua daerah yang telah mencapai Universal Health Coverage yaitu Kota Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango.

Rilis : MD
Foto/Video : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + eighteen =

scroll to top