Pelayanan Semakin Baik, UPT Laboratorium Kesehatan Provinsi Lampaui Target PAD

IMG-20191228-WA0012.jpg

UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Unit Pelayanan Teknis (UPT) Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Gorontalo capai target Pendapatan Anggaran Daerah (PAD). Hal ini dikarenakan pelayanan yang baik sehingga pengunjung laboratorium terus meningkat.

Capaian ini tak luput dari dorongan pemerintah Provinsi Gorontalo dalam meningkatkan pelayanan kesehatan baik dari segi perlengkapan alat-alat juga tenaga kesehatan yang baik. Sehingga mendorong tingginya pengunjung labkesda dan membawa UPT Laboratorium melebihi PAD yang ditentukan yakni 200 juta untuk tahun 2019.

Kepala UPT Labkesda Provinsi Gorontalo Trisnawaty Bowta mengungkapkan pelayanan di Labkesda terbagi atas dua seksi yakni seksi laboratorium kesehatan masyarakat dan seksi laboratorium klinik

“Laboratorium kesehatan masyarakat tupoksinya memeriksa kualitas air baik itu air minum, air sungai dan sebagainya. Jadi dilihat apakah air minumnya memiliki kandungan bahan berbahaya atau bahan kimia lainnya,” ujar Trisnawaty, Jum’at (27/12/2019).

“Untuk laboratorium klinik ini untuk memeriksa kesehatan masyarakat. Jadi ada pemeriksaan kimia klinik yaitu pemeriksaan seperti asam urat, kolesterol dan lain-lain,” tambahnya

Lebih lanjut Trisnawaty menjelaskan bahwa pada 26 Desember kemarin PAD UPT Labkesda telah mencapai Rp. 322.667.500 dan telah melewati target yang ditetapkan. Menurut Rina tahun 2018 sebelumnya capaian perolehan PAD Labkesda juga melewati target yang membuktikan bahwa penyelenggaraan pelayanan pemeriksaan laboratorium semakin baik.

Untuk itu, Trisnawaty berharap kedepannya pengunjung akan meningkat dan terus mendapatkan dukungan dari pemerintah.

“Laboratorium kedepan juga diiharapkan dapat memeriksa lebih luas lagi. Misalnya untuk saat ini hanya dapat memeriksa air, kedepannya laboratorium ini dapat memeriksa makanan, narkoba dan lain sebagainya. Sehingga alat yang kita butuhkan juga akan bertambah,” kata Trisnawaty.

Selain penambahan pelayanan pemeriksaan, Rina juga mengatakan Labkesda mempunyai layanan on call dimana petugas akan datang melayani pengambilan sampel darah dirumah pasien sehingga pasien tidak perlu repot-repot datang ke Labkesda.

“Juga tahun ini kami telah terakreditasi dan sedang melakukan rehab pengembangan gedung dengan harapan penambahan fasilitas dan alat akan semakin meningkatkan kualitas pelayanan juga menambah PAD” pungkasnya.

Rilis : Muhajir
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 3 =

scroll to top