Misranda : Pastikan Membeli Alkes Di Tempat Resmi Berizin

IMG-20190828-WA0015.jpg

Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M.Si., membuka acara Melaksanakan Edukasi Gerakan Masyarakat Terhadap Penggunaan Alkes dan PKRT yang benar, Rabu (28/08/2019) di Horison Nayomi Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan Edukasi Masyarakat Terhadap Penggunaan Alat Kesehatan (Alkes) dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang benar. Kegiatan yang dilaksanakan Seksi Produksi dan Distribusi Kefarmasian Alat Kesehatan dan PKRT dipusatkan di hotel Horison Nayumi Gorontalo, Rabu (28/08/2019).

Acara yang dibuka oleh Plt Kadinkes Provinsi Gorontalo Misranda E. U. Nalole, M. Si., menghadirkan peserta dari puskesmas dan kader kesehatan di Kabupaten/Kota se Provinsi Gorontalo sebanyak 101 orang dengan narasumber dari Direktorat Penilaian Alat Kesehatan dan PKRT.

Plt Kadinkes dalam sambutannya mengungkapkan masih banyak ditemukan penggunaan Alkes dan PKRT yang salah dan tidak tepat guna yang diakibatkan oleh kurangnya informasi dan sosialisasi terkait hal ini.

Untuk itu, penting untuk memberikan pembekalan kepada Tenaga Kesehatan dan masyarakat mengenai bagaimana menggunakan Alkes dan PKRT dengan benar dan sesuai peruntukkannya, kata Misranda.

Alat kesehatan sekarang ini sangat mudah diperoleh masyarakat. Banyak masyarakat yg sudah punya alat kesehatan sendiri di rmh seperti timbangan, termometer, tensimeter digital, alat cek glukosa darah, kolesterol dan asam urat.

Begitu pula iklan klaim alat kesehatan yang semakin banyak di media. Untuk itu masyarakat perlu jeli dalam melihat iklan, pastikan alat kesehatan tersebut sudah terdaftar di Kementerian Kesehatan yang dibuktikan dgn nomor registrasi.

Selain itu, Misranda menegaskan agar masyarakat memastikan untuk membeli alat kesehatan di tempat resmi berizin seperti penyalur alat kesehatan, toko alat kesehatan, apotek maupun distributor berizin lainnya.

“Jangan membeli alat kesehatan di toko online yang tidak bisa dipastikan keasliannya.”pungkasnya.

Acara seperti ini akan terus dilakukan pada tahun mendatang dengan menghadirkan tokoh-tokoh masyarakat, lintas sektor agar seluruh lapisan masyarakat lebih bisa memahami bagaimana cara menggunakan Alkes dan PKRT dengan benar untuk memenuhi hak masyarakat dalam mendapatkan derajat kesehatan setinggi-tingginya, dan sebagai upaya mensukseskan tercapainya program Indonesia sehat melalui, ketersediaan Alkes dan PKRT yang aman bermutu dan bermanfaat.

Rilis : Zhya & MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

3 × five =

scroll to top