Menkes Budi : SBH Harus Menjadi Kekuatan Menghadapi Bencana Kesehatan Nasional

IMG-20220720-WA0012.jpg

Pinsaka dan anggota SBH Gorontalo saat mengikuti Upacara Puncak Peringatan Hari Saka Bakti Husada Ke-37 secara daring di SMA Negeri 1 Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Satuan Karya Pramuka Bakti Husada memperingati hari lahir yang ke-37 dengan upacara yang dipimpin Menteri Kesehatan (Menkes) Budi Gunadi Sadikin bertempat di Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, Rabu 20 Juli 2022.

Saka Bakti Husada Daerah Gorontalo turut serta mengikuti upacara secara daring yang dipusatkan di Pangkalan SBH SMA Negeri 1 Gorontalo dengan menghadirkan Pinsaka Bakti Hudada Provinsi dan Kota serta Anggota SBH.
Dalam arahannya, Menkes Budi menjelaskan Saka Bakti Husada sangat berperan dalam mendukung transformasi Kesehatan Nasional.

“Terutama untuk mendukung pilar ketiga yaitu transformasi sistem kesehatan nasional dimana kita harus membangun kekuatan kesehatan cadangan yang tersebar di seluruh Indonesia yang siap dan terlatih bila nanti ada bencana pandemi seperti yang kita alami”, jelas Budi.

Budi juga mengungkapkan tantangan Kementerian Kesehatan kedepan dalam memberdayakan Saka Bakti Husada dan memperbanyak anggotanya diseluruh Provinsi.
“Kita bisa memastikan sebarannya yang merata ke seluruh Kabupaten/Kota dan terus membina dan melatih mereka untuk keterampilan-keterampilan dasar kesehatan terutama yang sangat dibutuhkan pada saat kalau terjadi kembali bencana kesehatan atau pandemi dengan skala besar”, ungkapnya.

Selain itu, Menkes Budi berharap bahwa kegiatan SBH tidak hanya sebagai acara seremonial saja tetapi harus ada pembinaan yang strategis, sistematis dan terencana serta terukur untuk membangun sistem ketahanan kesehatan yang tangguh dalam menghadapi kemungkinan bencana kesehatan masa yang akan datang.

“Untuk teman-teman sekalian saya minta terus semangat, ajak juga lebih banyak lagi sesama rekan-rekan pramuka untuk menjadi anggota Saka Bakti Husada, selamat ulang tahun”, tutup Budi dalam sambutannya.

Rilis : MD
Video/Foto : Rasya/Arvan
Streaming : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × three =

scroll to top