Kab/Kota capaian penemuan tertinggi kasus TBC di beri penghargaan pada TBC Day Gorontalo

IMG-20190325-WA0009.jpg

Peringatan Hari TBC Sedunia di Kabupaten Gorontalo, Minggu (24/03/2019) di Limboto Kabupaten Gorontalo

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Setiap tanggal 24 Maret diperingati sebagai hari TBC sedunia yang kali ini mengangkat tema “to end TBC”

Di Provinsi Gorontalo dilaksanakan kegitan penemuan kasus secara aktif oleh petugas kesehatan di seluruh puskesmas di wilayah Provinsi Gorontalo. Bagi Kabupaten/kota terbaik cakupan penemuan kasus TBC akan diberikan penghargaan pada acara Rakontek bidang P2P provinsi Gorontalo yang akan dilaksanakan di Hotel Damhil tanggal 26 Maret 2019.

Penemuan kasus secara aktif merupakan salah satu aksi nyata dalam mendukung percepatan eliminasi TBC tahun 2030, hal ini disampaikan oleh Kadinkes Provinsi Gorontalo dr. H. Triyanto S. Bialangi M.Kes dalam kesempatan yang terpisah.

Agar penemuan kasus maksimal, pendekatan multisektor sangat penting dalam rangka peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat.

“Mengajak masyarakat dengan penyebaran informasi melalui media tentang apa penyakit TB, bagaiman gejala dan berobat dengan teratur sampai sembuh” kata dr. Triyanto.

Kegiatan penemuan kasus secara aktif ini juga dipantau oleh Kementerian Kesehatan RI. Adapun kriteria penilaian dalam menentukan nominasi pada kegiatan tersebut adalah penemuan terbanyak, investigasi kontak dan CDR tertinggi.

Harapannya dengan peringatan TBC Day semua masyarakat semakin memahami apa penyakit TBC, bagaimana cara pencegahan dan jika sudah sakit tdk malu untuk berobat serta memberikan informasi sebanyak banyaknya pada semua pihak terkait penyakit TBC.

“TBC bukan penyakit turunan, tetapi penyakit yang disebabkan oleh bakteri dan dapat disembuhkan kan jika diobati sesuai dosis dan teratur” beber Triyanto.

Rilis : KrisNA
Editor : MD dan Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 10 =

scroll to top