HKN ke-54, Bahu Membahu Membangun Kesehatan Nasional

WhatsApp-Image-2018-11-12-at-10.36.42-PM.jpeg

Dinkesgorontaloprov – Jajaran Kesehatan se Provinsi Gorontalo meramaikan pencanangan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-54 tingkat Provinsi Gorontalo, Senin (12/11). HKN ke-54 tingkat Provinsi Gorontalo yang berpusat di Lapangan Limboto Sport Centre David-Tony Kabupaten Gorontalo diawali dengan barisan defiley yang diikuti oleh seluruh lintas sektor kesehatan yang meliputi Dinas Kesehatan provinsi dan kabupaten/kota, seluruh rumah sakit, Puskesmas, jurusan kesehatan dari perguruan tinggi se Gorontalo, BPOM, Kesehatan Pelabuhan, organisasi masyarakat yang membidangi kesehatan, hingga PKK dan kelompok peduli kesehatan.

Sekretaris Daerah Provinsi Gorontalo Darda Daraba yang mencanangkan HKN tingkat Provinsi Gorontalo tahun ini mengajak seluruh masyarakat untuk berperilaku hidup sehat. Salah satunya dengan membiasakan diri mengkonsumsi beragam sayur dan buah. “Untuk mengurangi resiko terserang penyakit seperti diabetes, kanker, penyakit jantung, tekanan darah tinggi dan penyakit lainnya maka rutin mengkonsumsi buah dan sayur. Selain itu, masyarakat harus rutin berolahraga minimal 30 menit setiap harinya serta melakukan pengecekan kesehatan secara rutin enam bulan sekali,” ucap Darda. Ditempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Triyanto Bialangi,M.Kes mengungkapkan sebelum dilaksanakannya pencanangan kemarin, Dinas Kesehatan sudah melakukan kegiatan Zikir bersama di Masjid Baitulrahman, Limboto. “Setiap dua tahun masing-masing daerah akan menjadi tuan rumah pada pelaksanaan HKN. Allhamdulillah tahun ini, Kabupaten Gorontalo menjadi tuan rumah,” ucap Triyanto.

Menurut Triyanto bahwa HKN ke 54 ini menjadi momentum dalam menjalin silaturahmi sekaligus kekompakan dan sinergitas dari seluruh insan kesehatan di Provinsi Gorontalo. “Utamanya kita saling bahu membahu dalam membangun kesehatan di provinsi Gorontalo,” tegas Triyanto. Dalam HKN ke-54 ini ada beberapa agenda yang akan dilaksanakan. Seperti, Launching Public Saftey Center (PSC) 119 dan Simulasi Penanganan Kegawatdaruratan Medik oleh TRC Kabuputen Gorontalo, Lomba Kreasi Buah dan Sayur dengan Tema ‘Ayo Hidup Sehat Mulai Dari Kita’, donor darah, bedah rumah, serta berbagai lomba. Diantaranya Cipta Resep Makanan Tambahan Balita berbahan pangan Lokal, Penataan Dinas dan RS,  Lomba Olahraga Takraw, Volly Ball, Bulu Tangkis, Tenis Meja, Catur, Estafet 4 x 100 meter, Tarik Tambang , Lari karung dan Engrang. “Nanti Ceremonial acara puncak HKN akan kami buat pada Jumat, 16 Nopember yang bertempat di Misfalah Limboto. Sekaligus penyerahan penghargaan dan hadiah kepada para pemenang lomba,” tutur ketua panitia HKN ke-54 tingkat Provinsi Gorontalo dr. Rosiana Kiu. (ndi)

Pewarta : Andi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × five =

scroll to top