Gorontalo Gelar HGN Ke-63, Perkuat Kampanye dan Edukasi Isi Piringku Kaya Protein untuk Cegah Stunting

IMG-20230125-WA0010.jpg

Kampanye dan Edukasi bahan pangan lokal kaya protein hewani dilakukan oleh Mahasiswa Kesehatan.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) Ke-63 diperingati serentak di seluruh Indonesia. Di Provinsi Gorontalo sendiri turut dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Puskesmas seperti yang dilakukan di Kota Gorontalo, Rabu (25/01/2023).

Pelaksanaan HGN di Kota Gorontalo kata Kepala Seksi Promosi Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Nelson Panu dilaksanakan dalam rangka menurunkan angka stunting dengan menggelar kampanye dan edukasi isi piringku kaya protein.

“Bagaimana memanfaatkan bahan pangan lokal melalui isi piringku dimana kita memberikan penyuluhan kepada masyarakat untuk menggunakan protein hewani seperti ikan dan telur yang merupakan bagian makanan sehari-hari dalam rumah tangga,” kata Nelson.

Pada kesempatan itu juga dilaksanakan posyandu berupa imunisasi dan demonstrasi pembuatan makanan sehat bagi bayi dan balita dengan melibatkan puskesmas dan mahasiswa kesehatan.

Nelson mengungkapkan lokasi pelaksanaan HGN dilaksanakan di 4 (empat) titik yaitu di Kelurahan Dembe 1, Kelurahan Liluwo, Dungingi dan Tenilo.

“Puskesmas di empat titik itu akan dilaksanakan demonstrasi dan kampanye dan selanjutnya sampai bulan depan tanggal 25 Februari juga kita akan melakukan kegiatan ini minimal satu puskesmas satu posyandu dapat melakukan kegiatan seperti ini,” ungkap Nelson.

Ditempat yang sama Ketua DPD Persagi Gorontalo, Abdul Aziz Pakaya mengungkapkan pelaksanaan HGN didukung penuh oleh organisasi profesi mulai dari tingkat pusat sampai ke cabang yang ada di seluruh Indonesia.

“Kami sebagai organisasi profesi gizi sangat mendorong semua stakeholder baik pemerintah dan swasta bersama-sama memeriahkan Hari Gizi Nasional,” ucap Azis.

Azis juga menjelaskan protein hewani dapat dipenuhi oleh keluarga dengan menggunakan bahan lokal yang bisa diperoleh dengan mudah.

“Pangan lokal yang bisa digunakan yaitu ikan tuna, oci, lajang dan lain-lain. Ikan air tawar disini kita banyak nila bahkan ada ikan musiman istilahnya duo ya. Kami juga bersama teman-teman DPD coba membuat bahan makanan pangan lokal mengandung protein tinggi yang bisa kita sampaikan ke yang membutuhkan untuk bisa menggunakan menu-menu tersebut,” pungkasnya.

HGN ke-63 tahun 2023 mengangkat tema protein hewani cegah stunting dengan slogan protein hewani setiap makan dan isi piringku kaya protein.

Rilis : MD
Videografer : ILB/Dandi
Foto : AIS
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − five =

scroll to top