Prevalensi Stunting Gorontalo Turun Melebihi Target Nasional

Cuplikan-layar-2023-01-26-094059.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Yana yanti Suleman mendampingi Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi Gorontalo Gamaria P. Monoarfa melakukan peninjauan atas evaluasi terhadap Program one day one egg, Kamis (05/01/23) di Kecamatan Anggrek Kabupaten Gorontalo Utara.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Hal tersebut disampaikan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman, Kamis (25/01/23). Target per tahun yang ditetapkan nasional dalam penurunan stunting adalah 3,8%, namun Provinsi Gorontalo berhasil menurunkan prevalensi stunting sebesar 5,2%.

“Capaian ini menempatkan Gorontalo menjadi provinsi di urutan ke-3 dengan penurunan prevalensi stunting tertinggi secara nasional setelah Provinsi Sumatera Selatan dengan penurunan prevalensi stunting sebesar 6,2% disusul Provinsi Kalimantan Selatan sebesar 5,4%”, Ujar Yana.

Oleh sebab itu, menurut Yana dengan melihat penurunan prevalensi ini maka Gorontalo optimis dapat menurunkan angka stunting sesuai dengan target yang diharapkan Presiden Joko Widodo yakni 14% di tahun 2024 mendatang.

“Tentunya ini merupakan kerja keras bersama secara terintegrasi dimana infrastruktur dan lembaga digerakkan secara bersama. Dan dukungan Bapak Gubernur berserta Ibu Ketua TP PKK sangat mempengaruhi keberhasilan penurunan stunting di Provinsi Gorontalo. Apalagi tantangan di tahun sebelumnya cukup berat, mengingat kita menghadapi pandemi Covid-19 sehingga tugas dan tanggung jawab menjadi lebih banyak”, pungkasnya.

Kedepannya, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo sudah menyusun langkah dan strategi untuk mencapai minimal target 14% di tahun 2023 dengan intervensi spesifik.

Sebagaimana diketahui, Menteri Kesehatan RI, Budi Gunadi Sadikin mengumumkan hasil Survei Status Gizi Indonesia (SSGI) pada Rapat Kerja Nasional (Rakernas) bertajuk Program Pembangunan Keluarga, Kependudukan dan Keluarga Berencana pada Rabu, 25 Januari 2023, dimana prevalensi stunting di Indonesia turun dari 24,4% di tahun 2021 menjadi 21,6% di tahun 2022.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

5 × one =

scroll to top
Bahasa »