Dinkes Provinsi Lakukan Sosialisasi PHBS Di SDN 8 dan SMPN 9 Dulupi

IMG-20230725-WA0027.jpg

Pembinaan dan sosialisasi PHBS di SMPN 9 Dulupi Kabupaten Boalemo.

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Perilaku Hidup Bersih dan Sehat harus mulai dikenalkan dan disosialisasikan sejak dini agar menjadi kebiasaan yang bisa dilakukan secara terus-menerus.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan pembinaan dan Sosialisasi di kecamatan Dulupi Kabupaten Boalemo tepatnya di SDN 8 Dulupi dan SMPN 9 Dulupi.

“Kegiatan ini dirangkaikan dengan kegiatan yang merupakan juga program PKK dalam hal ini sosialisasi PHBS dan LBS yang merupakan bagian dari go to school, di mana Dinas Kesehatan itu berkolaborasi dan bersinergi dengan program PKK dalam hal ini untuk meningkatkan derajat kesehatan masyarakat di Provinsi Gorontalo,” ucap Kabid Kesmas Erni N. Mansur, Selasa (25/07/2023) saat diwawancarai di SMPN 9 Dulupi.

Pembinaan dan sosialisasi PHBS di SDN 8 Dulupi.

Kegiatan pembinaan sosialisasi PHBS di sekolah-sekolah merupakan program rutin yang dilakukan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melalui seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat di 6 (enam) Kabupaten/Kota dan ini merupakan upaya untuk mencapai target 100% dimana sekolah-sekolah di Provinsi Gorontalo sudah menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat pada anak sekolah baik dari tingkat PAUD sampai dengan tingkat SMA.

Pada pembinaan PHBS ini, kata Erni lebih menekankan pada perilaku cuci tangan pakai sabun dengan air bersih dan mengalir, buang air besar di jamban, menjaga kebersihan lingkungan dengan menyediakan tempat pembuangan sampah di sekolah, serta mengajak warga sekolah untuk tidak merokok.

“Untuk konsumsi makanan yang bergizi seimbang dan lengkap sehingga lebih ditingkatkan bagaimana peran sekolah untuk menyediakan kantin sehat karena di mana kita ketahui bersama bahwa anak sekolah lebih doyan dengan konsumsi snack-snack instan yang bahayanya lebih besar buat tubuh mereka yang harus kita terapkan agar anak sekolah membiasakan makan makanan bergizi dengan menggunakan pangan lokal yang ada di sekitar sekolah melalui penerapan kantin sehat,” pungkas Erni

Selain melakukan sosialisasi PHBS, juga dilakukan pengukuran kebugaran bagi siswa SMPN 9 Dulupi dan skrining kesehatan jiwa bagi anak SMA yang ada di Kecamatan Dulupi.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Foto : AIS
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

six + 13 =

scroll to top
Bahasa »