SBH Kabupaten Gorontalo Sosialisasi Gema Paraleptik Bagi Pramuka Penggalang dan Penegak

IMG-20230619-WA0005.jpg

Sosialisasi Gema Paraleptik Bagi Pramuka Penggalang dan Penegak oleh Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada (SBH) Kabupaten Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Satuan Karya (Saka) Bakti Husada Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Kabupaten Gorontalo, melakukan Sosialisasi Gerakan Bersama Pramuka Relawan Pemantau Jentik (Gema Pareleptik) bagi sejumlah peserta Pramuka Penggalang dan Pramuka Penegak Camp Area, Minggu (18/06/2023), berlokasi di Kelurahan Pentadio Resort kecamatan Telaga Biru.

Sosialisasi diikuti oleh seluruh peserta camp dengan antusias. Seperti diketahui, pramuka tidak hanya sekedar menjalankan tugas pokoknya, yakni menyelenggarakan pendidikan kepramukaan bagi anak dan pemuda Indonesia dalam membentuk tenaga kader pembangunan yang berjiwa Pancasila dan sanggup serta mampu menyelenggarakan pembangunan masyarakat, bangsa dan negara.

“Akan tetapi, Pramuka juga bertugas terhadap lingkungan dan kesehatan bagi masyarakat. Untuk itu, dalam sosialisasi kali ini, untuk mencegah terjadinya penularan penyakit berbahaya seperti DBD, perlunya Pramuka melakukan pemantauan disetiap lingkungan yang ada, utamanya di lingkungan sekolah tempat seluruh anak-anak Pramuka belajar,” kata Ivon Riyanto Abdullah, Sekretaris Dinas Kesehatan Kabupaten Gorontalo yang juga selaku Pinsaka SBH Cabang Kabupaten Gorontalo.

Ivon berharap, dengan terselenggaranya sosialisasi kali ini agar para peserta camp area pramuka penggalang dan penegak dapat melakukan sosialisasi kepada teman-temannya yang berada di lingkungan sekolah mereka.

“Juga termasuk dapat melakukan pemantauan terhadap jentik-jentik yang dapat membahayakan kesehatan,” ungkapnya.

Gerakan ini dapat dilakukan dengan cara menerapkan perilaku hidup sehat 3M Plus agar terhindar dari jentik, yakni menguras dan menyikat, menutup tempat penampungan air, memanfaatkan/mendaur ulang barang bekas dan plus mencegah gigitan dan perkembangbiakan nyamuk.

“Dengan demikian, gerakan bersama ini diharapkan dapat mencegah penularan penyakit demam berdarah,” pungkasnya.

Rilis : Sudarmi
Editor : Nancy Pembengo/MD

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 14 =

scroll to top
Bahasa »