Surveilans Epidemiologi Bisa Prediksi Kejadian Suatu Penyakit

IMG-20230724-WA0020.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Anang S. Otoluwa.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bekerjasama dengan Balai Besar Pelatihan Kesehatan (BBPK) Makassar melaksanakan pelatihan terakreditasi Surveilans Epidemiologi yang dilaksanakan selama 8 (delapan) hari mulai tanggal 20-28 Juli 2023.

Pelatihan ini dilakukan dengan metode blended learning yaitu secara daring mulai tanggal 20-22 Juli dan Luring tanggal 23-28 Juli 2023 di Hotel Aston Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa membuka pelatihan ini, Senin (24/07/2023). Menurut Kadinkes Anang, dengan adanya pelatihan ini diharapkan peserta bisa menerapkan prinsip-prinsip surveilans.

“Mereka diminta untuk nanti mengumpulkan angka kejadian penyakit kemudian berdasarkan perjalanan penyakitnya diharapkan mereka bisa memperkirakan kapan kejadian ini dianggap kejadian biasa dan kapan ini disebut sebagai luar biasa,” ucap Anang.

Dengan data yang diperoleh bisa melakukan pengamatan hingga analisis sehingga bisa melakukan mitigasi atau pencegahan secara dini, ini agar Penyakit tidak berkembang menjadi sebuah penyakit dengan Kejadian Luar Biasa (KLB)

“Saya kira itu inti dari pelatihan hari ini,” ujarnya.

Anang juga menjelaskan bahwa kegiatan surveilans epidemiologi dapat memprediksi kejadian suatu penyakit.

“Dengan pencatatan yang betul dan baik yang disajikan juga secara teratur secara lengkap maka mereka yang dilatih ini sudah bisa memprediksi kejadian suatu penyakit misalnya DBD (Demam Berdarah Dengue) itu di bulan-bulan apa akan terjadi peningkatan penyakit di sebuah wilayah sudah tahu kapan itu penyakit DBD menjadi musim puncaknya maka akan dilakukan upaya pencegahan sebelum terjadi ledakan di bulan-bulan tertentu,” pungkas Anang.

Pelatihan ini menyasar pengelola program surveilans puskesmas dari Kabupaten/Kota dengan jumlah peserta 30 orang.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

One Reply to “Surveilans Epidemiologi Bisa Prediksi Kejadian Suatu Penyakit”

  1. Pentingnya surveilans epidemiologi dalam prediksi dan pencegahan penyakit sangat relevan bagi ibu hamil. BukuBumil mendukung memberikan informasi tentang cara-cara menjaga kesehatan selama kehamilan, termasuk pencegahan penyakit, yang bisa menjadi tambahan informasi penting dari surveilans epidemiologi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four − 3 =

scroll to top
Bahasa »