Tingkatkan Mutu Pelayanan, UPTD Labkesda Provinsi Punya Alat Canggih

WhatsApp-Image-2022-10-03-at-10.50.36.jpeg

Petugas Kesehatan sedang melakukan pengujian sampel spesimen.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Saat ini UPTD Balai Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Gorontalo telah memiliki Alat Atomic Absorption Spectrophotometer (AAS) yang di peroleh dari Anggaran Dana Alokasi Khusus (DAK).

Sebelumya UPTD Balai Labkesda sudah memiliki Alat Spectrofhotometer UV. VIS, namun dengan tambahan alat AAS ini ada parameter Logam berat yang tadinya tidak bisa di periksa sekarang sudah bisa di laksanakan.

Menurut Kepala UPTD Balai Labkesda dr. Jeane Dalie, Alat AAS ini berfungsi untuk melakukan pemeriksaan air bersih/air minum, makanan dan minuman (sebelum di olah untuk di produksi), Air Limbah, Tanah, Batu dan lainnya.

“Alat ini sudah di lengkapi dengan alat preparasi sampel sehingga bisa melakukan pemeriksaan selain sampel Air. Dengan bertambahnya alat ini Insya Allah bisa melakukan pemeriksaan lebih dari 200 sampel per satu kali Running untuk 6 parameter Logam dengan Metode SNI” ucap dr. Jeane.

Selain itu, kata dr. Jeane UPTD Labkesda mendapatkan tambahan alat pemeriksaan Air Limbah untuk Parameter BOD (Biological Oxigen Deman) yaitu alat untuk mengetahui Jumlah Oxigen terlarut yang diperlukan oleh mikroorganisme untuk mengurai bahan organik di dalam air.

“Sebelumya kami hanya bisa melakukan pemeriksaan 6 sampel selama 5 hari sekarang sudah bisa melakukan pemeriksaan 18 sampel karena adanya tambahan 2 unit dengan kapasitas 6 sampel per unit” imbuhnya.

Untuk pemberiksaan Klinik juga sudah memiliki Fhotometer Full Autometic yang bisa melakukan pemeriksaan 15 sampel untuk semua jenis parameter Klinik satu kali running.

“Dengan adanya tambahan alat-alat pemeriksaan ini UPTD Labkesda akan berusaha meningkatkan mutu pelayanan laboratorium bagi masyarakat” pungkas dr. Jeane.

Rilis : MD/Razak
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

18 + 17 =

scroll to top