Skrining Penting Untuk Mencegah Terjadinya Penyakit Kanker Payudara

IMG-20230506-WA0029-79ogdsabxqz42egqnbe952egd00vx6mz1oqtf2ruagc.jpg

Sosialisasi dan advokasi skrining penyakit kanker payudara di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan pemeriksaan skrining penyakit kanker payudara (Cancer Mamae) bagi Aparatur Sipil Negara (ASN) dan PTT di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi, Jum’at (05/05/2023) bertempat di aula kantor Dinas Kesehatan Provinsi.

“Hal ini perlu untuk dilaksanakan karena tren atau kejadian kanker ke depan semakin bertambah, ini terkait dengan pertama soal gaya hidup dan kedua juga kanker ataupun penyakit tidak menular lainnya ini terkait juga dengan tingginya prevalensi stunting yang mengakibatkan penyakit tidak menular itu akan lebih mudah didapatkan,” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, Anang S. Otoluwa saat diwawancarai tim Infokom.

Kadinkes menyambut baik kegiatan yang diprakarsai oleh pejabat fungsional dari bidang pencegahan penyakit.

“Harapannya ini bukan hanya dilaksanakan untuk pegawai yang ada di kantor Dinas Kesehatan Provinsi saja, tapi juga bisa meluas ke instansi atau OPD lainnya,” ujarnya.

Kepada masyarakat Anang mengimbau bisa melakukan pemeriksaan payudara sendiri (sadari) dan jika menemukan ada hal-hal yang perlu dirujuk atau dikonsultasikan dipersilahkan menghubungi teman-teman yang ada di Dinas Kesehatan atau fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Ditempat yang sama, Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Jeane I. Dalie mengatakan kegiatan ini bekerjasama dengan Dinas Kesehatan Kota Gorontalo.

“Mengingat segala kegiatan yang dilakukan pada kegiatan deteksi dini itu kami melakukan pelaporan dalam hal ini ke Kementerian Kesehatan melalui aplikasi Asik, jadi setiap yang kami lakukan screening itu terdata atau tercatat pada Kementerian Kesehatan,” kata Jeane.

Jeane menegaskan pentingnya melakukan pemeriksaan atau skrining penyakit tidak menular, karena penyakit tidak menular memerlukan biaya yang sangat besar dan menjadi penyebab kematian terbanyak Indonesia.

“Sebelum kami melakukan (skrining) ke masyarakat yang ada di provinsi Gorontalo tentunya dimulai dari kita khususnya pegawai ASN dan PTT yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, disamping itu juga kegiatan ini tidak dipungut biaya atau gratis,” pungkasnya.

Kegiatan diawali dengan melakukan sosialisasi dan edukasi penyakit kanker payudara dan selain melakukan skrining kanker payudara juga dilakukan pemeriksaan gula darah, kolesterol, asam urat dan pengukuran status gizi.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × four =

scroll to top
Bahasa »