Sembelih 9 Sapi Kurban, Kadinkes Memotivasi Untuk Semangat Berkurban

Kurban1.jpg

Dinkesprovgorontalo- Idul Adha merupakan hari besar umat islam, dimana seluruh umat islam dipenjuru dunia merayakannya. Idul Adha juga dikenal sebagai hari raya kurban, salah satu bentuk ibadah didalamnya adalah melakukan penyembelihan hewan kurban berupa domba/kambing, sapi/lembu/kerbau atau untah bagi yang mampu melaksanakannya. Hal tersebut juga dilaksanakan sebagai bentuk tanda cinta kepada Allah SWT dan kepada sesama manusia dengan semangat berbagi.

Keluarga besar Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo setiap tahunnya juga telah melaksanakan kegiatan penyembelihan hewan kurban dilingkungannya. Tak terkecuali pada tahun ini, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan penyembelihan 9 (sembilan) ekor sapi kurban, Kamis (23/8/2018).

Proses penyembelihan tersebut disaksikan langsung oleh kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Hi. Triyanto S. Bialangi, M.Kes beserta jajaran pejabat dan staf pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo pada pukul 07.00 Wita.

Usai penyembelihan hewan kurban, ditemui diruangannya Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo mengungkapkan rasa syukur dan kebanggaannya atas terlaksanannya penyembelihan hewan kurban tahun ini. Kadinkes juga mengungkapkan hikmah yang besar menyangkut pentingnya ibadah kurban.

“Ibadah Kurban tidak terlepas dari sosok luarbiasa yaitu Nabi Ibrahim, as dan anaknya Ismail, as. mereka adalah manusia mulia yang keikhlasannya dalam menaati perintah Allah SWT dikenang hingga saat ini”, terang Kadinkes.

Menurutnya, ibadah kurban hendaknya dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari untuk taat kepada perintah Allah SWT. Kadinkes juga mengajak dan memotivasi seluruh pegawai dilingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo untuk memiliki semangat berkurban.

“Setiap tahun kita melakukan penyembelihan hewan kurban, Alhamdulillah tahun ini kita dapat 9 ekor sapi kurban dan semoga tahun depan akan terus bertambah. Ini akan kita bagikan kepada semua pekerja seperti para honorer dan masyarakat disekitar yang wajib menerima hewan kurban,” tuturnya.

Terakhir, kadinkes berharap dengan semangat berkurban ini dapat mempererat tali silaturrahmi dan terciptanya kesolidan antara pegawai dilingkungan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan masyarakat.

Sementara itu, Ketua Panitia Penyembelihan Hewan Kurban Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo H. Syafiin S. Napu, SKM, M.Kes mengatakan bahwa pelaksanaan penyembelihan dan pemotongan hewan kurban berjalan dengan aman dan lancar dan hasilnya telah di bagai sesuai yang berhak menerimanya dimana 1/3 untuk kelompok peserta kurban atau sebanyak 63 orang dan 2/3 dibagi kepada para pemegang kupon sebanyak 350 kupon.

“Sebanyak 113 kupon dibagi kepada yang tidak memiliki kupon dan 50 ke panti asuhan Titian Umat, 50 kupon ke panti asuhan mualaf Al Hizrah. Selain itu juga telah dibagi kepada para pekerja”, terang Syafiin.

 

Pewarta : Arman Saidi

Editor    : M. Dangkua

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven + 16 =

scroll to top