Sasar Perguruan Tinggi, Kemenkes dan Dinkes Provinsi Gelar Orientasi Kampus Sehat di UNG

IMG-20230607-WA0006.jpg

Orientasi Program Kampus Sehat oleh Kementerian Kesehatan RI di Universitas Negeri Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) bersama Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan Orientasi Program Kampus Sehat di Universitas Negeri Gorontalo UNG), Rabu (07/062023) bertempat di aula kantor Rektorat UNG.

Ketua Tim Kerja (Katimker) Penyakit Diabetes Mellitus dan Gangguan Metabolik Direktorat P2PTM Kemenkes Esti Widiastuti menjelaskan kegiatan kampus sehat merupakan upaya kerjasama dengan kampus untuk memaksimalkan potensi dari setiap warga yang ada di kampus sebagai sebuah modalitas yang luar biasa karena punya kemampuan intelektual dibandingkan dengan kelompok yang lain.

“Kita tidak ingin tentunya orang-orang yang intelektualnya baik ini dengan masalah beban kesehatan yang sudah tidak dipungkiri lagi gitu ya, kita tidak ingin masa produktifnya hanya sebentar kemudian dengan masalah-masalah kesehatan yang tentunya dia tidak bisa produktif baik secara ekonomi maupun secara sosial,” jelas Esti.

Indikator untuk kampus sehat sendiri sebenarnya diharapkan dapat mendukung indikator-indikator kesehatan yang ada baik yang tercantum dalam Rencana Strategi (Renstra) Kesehatan, Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional (RPJMN) dan Standar Pelayanan Minimal (SPM) Kesehatan dan Kemenkes menilai Dinas Kesehatan Provinsi dan Universitas Negeri Gorontalo mempunyai komitmen dalam mendukung tercapainya indikator kesehatan.

“Kita melihat bahwa komitmen dari pihak kampus maupun teman-teman kita yang kesehatan itu sudah punya modalitas kerjasama yang baik sehingga ini menjadi satu peluang untuk dikembangkan” ucap Esti.

Ditempat terpisah, Wakil Rektor Bidang Akademik UNG, Harto Malik menyambut baik pelaksanaan program Kampus Sehat dan menyatakan komitmen UNG mendukung pelaksanaannya.

“UNG sangat welcome menyambut program ini dan dengan ini komitmen kita Universitas Negeri Gorontalo, Rektor itu telah menetapkan surat dengan keputusan tim program kampus sehat baik universitas sampai dengan level fakultas, nah mereka-mereka ini yang kita harap menjadi garda terdepan untuk memperhatikan dan ikut menjaga masalah kesehatan di kampus ini,” ungkap Harto.

Harto menilai pemeriksaan kesehatan sangat penting bagi dosen selaku tenaga pendidik dan mahasiswa dalam upaya mencegah terjadinya gangguan kesehatan terutama penyakit tidak menular sehingga program kampus sehat menjadi sangat penting.

“Oleh sebab itu program kampus sehat ini sangat penting tidak saja untuk integrasi program Kementerian bagi perguruan tinggi, tetapi juga adalah melakukan perubahan perilaku dosen, mahasiswa pun tendik serta komunitas kampus untuk senantiasa berperilaku sehat,” tandas Harto.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 3 hari yang dimulai tanggal 06 Juni sampai dengan 08 Juni 2023 dan diikuti oleh perwakilan dari Fakultas dan mahasiswa yang ada di Universitas Negeri Gorontalo.

Rilis : MD
Videografer : ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 5 =

scroll to top
Bahasa »