RS Otanaha Punya Alat Canggih Untuk Skrining Kanker Payudara, Satu-satunya di Provinsi Gorontalo

IMG-20230606-WA0030.jpg

Sistem Ultrasonografi Payudara Otomatis Invenia Automated Breast Ultrasound System (ABUS).

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Mendukung upaya Transformasi Layanan Kesehatan terutama layanan rujukan, Rumah Sakit Otanaha Kota Gorontalo mempunyai layanan skrining menggunakan Sistem Ultrasonografi Payudara Otomatis Invenia Automated Breast Ultrasound System (ABUS).

InveniaTM ABUS adalah pilihan skrining alternatif ultrasonografi yang nyaman dan tidak terionisasi untuk wanita dengan jaringan payudara yang padat.

Menurut Direktur RS Otanaha, Grace Tumewu saat ditemui diruang kerjanya, Selasa (06/06/2023) mengatakan, alat ini merupakan satu-satunya yang ada di provinsi Gorontalo.

Menurut Ceci sapaan akrabnya, skrining Invenia ABUS diperlukan karena sekitar 70% -80% wanita memiliki payudara padat. Payudara yang padat dapat meningkatkan risiko wanita terkena kanker sebanyak 4-6 kali.

“Mamografi mungkin melewatkan 33% kanker di payudara padat. Invenia ABUS telah terbukti menemukan 55% lebih kanker invasif setelah penemuan mamografi normal atau jinak saja,” ungkap Ceci.

Sebuah studi dari American Journal of Roentgenology yang diterbitkan pada Juni 2016, menunjukkan ABUS menemukan kanker lebih akurat selain mammografi tradisional.

“Tidak hanya itu saja, sekitar 40 persen perempuan memiliki payudara padat, yang jaringan payudaranya kerap membuat sulit dokter spesialis radiologi dalam menemukan dan mendiagnosa tumor apabila hanya menggunakan mammografi,” imbuhnya.

Perempuan dengan payudara padat berisiko terkena kanker 4 – 6 kali, dan jaringan payudara yang padat dapat menyembunyikan sel kanker dari mammogram.

Data pasien di rumah sakit RSUD Otanaha Kota Gorontalo setiap bulannya terdapat pasien yang melakukan pemeriksaan ABUS rujukan dari berbagai dokter spesialis guna ingin menegakkan diagnosis yang akurat.

“Dan RSUD Otanaha Kota Gorontalo Kami gencar melakukan promosi kesehatan dan promosi terdapatnya alat untuk mendeteksi sel kanker payudara tanpa menggunakan Radiasi di Faskes Kami dan satu-satunya yang ada di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.

Invenia ABUS memberikan manfaat kepada pasien :

  • Dapat mendeteksi kanker dengan peningkatan 35.7% dibanding hanya dengan mammografi.
  • Hasil penelitian klinis menunjukan Invenia ABUS dapat mendeteksi sel kanker kecil yang tidak terlihat dengan mammografi.
  • Waktu pemeriksaan singkat dan memberikan rasa nyaman kepada pasien.
  • Deteksi dini kanker yang cepat dapat mengurangi biaya pengobatan.
  • Dapat meminimalisir tindakan kemoterapi bila kanker payudara masuk stadium 1 dan 2.

Rilis : MD/ILB
Foto : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 × 3 =

scroll to top
Bahasa »