Rakontek Kesmas, Menkes : Akselerasi Pembangunan Kesehatan Pusat dan Daerah Perlu Dilaksanakan

IMG-20190318-WA0020.jpg

Menteri Kesehatan RI, Nila F. Moeloek saat memberikan Sambutan pada pembukaan Rakontek Kesmas di Jakarta

Jakarta, Dinkesprov – Menteri Kesehatan Prof. Dr. dr. Nila Djuwita Moeloek, SpM (K) membuka acara Rapat Kordinasi Teknis Kesehatan Masyarakat Senin, (18/03/2019) bertempat di The Sultan Hotel and Residence Jakarta. Pada kesempatan itu, Menkes didampingi oleh Sekjen Kemenkes, Kepala Badan Litbangkes, Kepala PPSDM, Dirjen Farmalkes dan Dirjen Kesehatan Masyarakat.

Dengan mengusung tema Kolaborasi Pusat dan Daerah Dalam Peningkatan Derajat Kesehatan Masyarakat, kegiatan ini dihadiri oleh Seluruh Kabid Kesmas dan Pengelola Program di Bidang Kesmas se-Indonesia serta perwakilan Kabupaten/Kota Lokus Stunting.

Dalam sambutannya, Menteri Kesehatan menyampaikan bahwa kegiatan ini merupakan tindak lanjut dari hasil Rakerkesnas 2019 yang dilaksanakan beberapa waktu yang lalu.

Menkes membuka acara Rakontek Kesmas secara resmi dengan membunyikan gong

“Kita harapkan nantinya akan terjadi penurunan Angka Kematian Ibu dan Neonatal, percepatan eliminasi tuberkulosis, peningkatan cakupan dan mutu imunisasi serta tidak lupa untuk terus melakukan upaya penurunan prevalensi stunting yang selanjutnya dituangkan dalam rencana aksi daerah dan hendaknya segera dibahas dalam rakerkesda di daerah masing-masing”, ungkap Nila.

Disamping itu pencegahan dan pengendalian terhadap penyakit tidak menular juga diharapkan dapat ditekan.

“Obesitas merupakan salah satu faktor penyebab penyakit tidak menular. Oleh sebab itu perlu dicegah dengan menerapkan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) melalui beberapa upaya seperti melakukan aktivitas fisik, makan sayur dan buah serta rajin memeriksakan kesehatan”, imbuhnya.

Di bagian akhir sambutannya, Menkes menyampaikan bahwa kesehatan merupakan kunci keberhasilan dalam meningkatkan Human Capital Index (HCI) dan pembangunan kesehatan berkelanjutan (SDG’s) yang memiliki korelasi yang kuat untuk memperbaiki posisi HCI Indonesia. Untuk itu diperlukan kolaborasi pusat dan daerah dalam pembangunan kesehatan berkelanjutan (SDG’s) dengan melakukan akselerasi pembangunan kesehatan melalui penguatan pusat dan daerah dalam pelayanan kesehatan masyarakat dan pemberdayaan masyarakat.

Poto Bersama Menteri Kesehatan dan peserta Rakontek Kesmas

Selain pelaksanaan Rakontek, kegiatan yang akan dilaksanakan hingga tanggal 21 Maret 2019 ini juga dimeriahkan dengan pameran poster hasil inovasi program kesmas di provinsi, lomba senam dan lomba vlog program kesmas.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seven − 3 =

scroll to top