Puskesmas di Provinsi Gorontalo Semakin Berkualitas

WhatsApp-Image-2022-09-13-at-08.44.21.jpeg

Tim Penilai FKTP Berprestasi dipimpin Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., saat melakukan penilaian di Puskesmas Toto Utara Kabupaten Bone Bolango.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Sebanyak 8 Puskesmas terbaik utusan Kabupaten/ Kota mengikuti kegiatan penilaian Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP) berprestasi tahun 2022. Tim penilai kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., telah merampungkan seluruh agenda penilaian di enam Kabupaten/Kota. Adapun aspek penilaian antara lain meliputi kepemimpinan dan Manajemen Puskesmas, Indikator Nasional Mutu, Perencanaan UKM, Pergerakan dan Pelaksanaan UKM, Pengawasan dan Pengendalian UKM, Surveilans, UKP, Mutu dan Keselamatan Pasien, Manajemen Risiko dan Inovasi Puskesmas terkait Adaptasi Kebiasaan Baru.

Tim penilai terdiri dari Kepala Dinas, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan, Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer & Tradisional, serta Surveyor dan Tim Pendamping Akreditasi FKTP mendapat sambutan meriah di masing-masing Kabupaten/Kota.

Tim Penilai FKTP Berprestasi

Kadinkes dr. Yana selaku ketua Tim Penilai memberi apresiasi yang tinggi kepada seluruh jajaran kesehatan di Kabupaten/ Kota serta kepada Pemerintah Daerah dalam pengembangan upaya kesehatan di puskesmas. Menurutnya, Puskesmas sebagai ujung tombak pelayanan kesehatan mempuyai peran strategis dalam meningkatkan derajat kesehatan di wilayahnya.

“Kegiatan Penilaian FKTP Berprestasi ini dilaksanakan untuk mengimplementasikan amanat Peraturan Menteri Kesehatan RI Nomor 24 tahun 2015 tentang Penilaian FKTP Berprestasi sehingga, dengan dilaksanakannya kegiatan ini diharapkan dapat memberikan motivasi bagi puskesmas di Provinsi Gorontalo untuk semakin baik lagi dalam meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” ungkap dr. Yana.

Lebih lanjut, kata dr. Yana substansi kegiatan penilaian yang diselenggarakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo ini bukan semata-mata untuk mencari pemenang.

“Tetapi lebih kepada upaya pembinaan puskesmas, sehingga masyarakat benar-benar dapat merasakan manfaat Puskesmas sebagai pemberi layanan kesehatan di garda terdepan yang bersentuhan langsung dengan masyarakat, kata dr. Yana.

Selain itu, Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Andriyanto Abdussamad, SKM., M.Kes., menjelaskan bahwa penilaian FKTP Berprestasi ini juga merupakan persiapan dan pemantapan bagi Puskesmas dalam pelaksanaan re-akreditasi di Provinsi Gorontalo.

“Ini menjadi bagian penting dalam persiapan Puskesmas untuk re-akreditasi sehingga diharapkan Puskesmas mendapatkan hasil yang maksimal pada saat akreditasi yang tujuannya meningkatkan mutu pelayanan kesehatan,” tutur Andriyanto.

Sementara itu Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer & Tradisional, Nisma Abdurrahman, SKM, M.Kes., menjelaskan bahwa kegiatan penilaian FKTP Berprestasi ini merupakan kegiatan rutin sebagai bentuk pembinaan dan motivasi kepada puskesmas.

Tim Penilai FKTP Berprestasi saat melakukan penilaian di Kabupaten Gorontalo Utara.

“Provinsi Gorontalo telah berhasil mengantarkan Puskesmas Bongo Nol, Puskesmas Bongo Dua dan Puskesmas Dungaliyo hingga ke tingkat Nasional,” pungkasnya.

Selanjutnya, pada Rabu, (31/08/2022), Tim Penilai FKTP Berprestasi telah menetapkan 8 Puskesmas Terbaik Tingkat Provinsi Gorontalo tahun 2022 yang terbagi dalam 3 kategori yakni; Puskesmas Perkotaan, Pedesaan, serta Terpencil/sangat terpencil. Penetapan tersebut berdasarkan hasil rekapitulasi nilai hasil kunjungan lapangan yang dilakukan oleh Tim Penilai ke Puskesmas.

Adapun nama-nama puskesmas tersebut berdasarkan urutan nilai adalah:

A). Kategori Perkotaan; Puskesmas Molingkapoto Kabupaten Gorontalo Utara, Puskesmas Kota Barat Kota Gorontalo, Puskesmas Toto Utara Kabupaten Bone Bolango.
B). Kategori Pedesaan; Puskesmas Botumoito Kabupaten Boalemo, Puskesmas Bulango Selatan Kabupaten Bone Bolango.
C). Kategori Terpencil/Sangat Terpencil; Puskesmas Bilato Kabupaten Gorontalo, Puskesmas Wanggarasi Kabupaten Pohuwato, Puskesmas Gentuma Kabupaten Gorontalo Utara.

Rilis : Surya/MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − 2 =

scroll to top