Pj Gubernur Hamka Hadir Pada Peringatan HKGN dan Pencanangan Imunisasi PCV

IMG-20220912-WA0037.jpg

Pj. Gubernur Gorontalo Hamka Hendra Noer dan Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi drg. Gamaria P. Monoarfa, Sp. KGA hadir pada peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional Tingkat Provinsi Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bersama Persatuan Dokter Gigi Indonesia (PDGI) menggelar peringatan Hari Kesehatan Gigi dan Mulut Nasional (HKGN) dan Pencanangan Imunisasi Pneumococcal Conjugate Vaccine (PCV), Senin (12/09/2022) di SDN 11 Limboto Kabupaten Gorontalo.

HKGN tahun 2022 dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia dengan tema pulih bersama dengan senyum Sehat Indonesia adalah upaya bersama membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan HKGN tahun 2022 adalah melakukan sikat gigi bersama anak sekolah secara nasional dengan target 500 ribu anak di seluruh Indonesia.

Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer mengatakan upaya menjaga kesehatan gigi dan mulut harus dimulai sejak masih bayi dan anak-anak karena ini akan mempengaruhi kesehatan lainnya.

Pj. Gubernur Hamka Hendra Noer menyaksikan sikat gigi bersama anak-anak SDN 11 Limboto

“Jadi apa yang dilakukan gerakan sikat gigi massal ini untuk anak-anak sekolah dalam rangka memperingati Hari Kesehatan Gigi Nasional, saya kira ini bagus dan kalau bisa ini akan terus dilakukan di sekolah-sekolah sehingga nanti anak-anak kita diajari bagaimana cara menjaga kesehatan gigi dan mulut secara dini,” kata Hamka.

Ditempat yang sama Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., mengungkapkan pentingnya kebersihan gigi dan mulut.

“Prinsipnya tujuan kegiatan ini yaitu untuk membiasakan anak-anak sejak usia dini yakni anak SD bagaimana cara menyikat gigi yang benar dan kebiasaan pada dua waktu yang pertama pagi dan sebelum tidur malam, ketika itu terjadi tentunya kita memastikan giginya sehat, mulutnya sehat tentunya Insya Allah seluruh tubuh juga akan sehat, nah ada beberapa penyakit tertentu yang bisa bersumber dari kesehatan gigi yang tidak bagus contoh miokarditis,” ucap dr. Yana.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. Yana Yanti Suleman, SH., memberikan sambutan.

Ketua PDGI cabang Gorontalo, drg. Taufik Amrullah, Sp. KG., menjelaskan kegiatan HKGN di Provinsi Gorontalo dipusatkan di Kabupaten Gorontalo dengan sasaran 200 siswa dan Kabupaten Boalemo 117 siswa.

“Dari pelaksanaan ini kami berharap bahwa adik-adik siswa dari usia dini ini sudah terbiasa melaksanakan sikat gigi di pagi dan malam hari, harapannya bahwa mereka bebas karies,” pungkasnya.

Selain kegiatan sikat gigi bersama, juga dilakukan penyuluhan gigi oleh PDGI, vaksinasi Covid-19, siswa dibagikan bahan kontak berupa sikat dan pasta gigi serta penyuntikan perdana imunisasi PCV pada bayi usia 2 bulan yang disaksikan langsung oleh Penjabat Gubernur Gorontalo, Hamka Hendra Noer, Ketua Tim Penggerak PKK Provinsi, drg. Gamaria Purnamawati Monoarfa, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., dan undangan yang hadir.

Rilis : MD
Foto : Lano
Video: AIS
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

4 × 4 =

scroll to top