Bapppeda Gelar Rapat Koordinasi, Bahas Pelaksanaan Germas Tahun 2021

IMG-20210113-WA0024.jpg

Rapat Koordinasi Pelaksanaan Germas tahun 2021, Kamis (08/01/2021) di Ruang rapat Bapppeda Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Germas merupakan gerakan nasional yang diprakarsai oleh Presiden RI yang mengedepankan upaya promotif dan preventif, tanpa mengesampingkan upaya kuratif-rehabilitatif dengan melibatkan seluruh komponen bangsa dalam memasyarakatkan paradigma sehat.

Kegiatan Germas di tahun 2021 dibahas dalam dalam Rapat Koordinasi Pelaksanaan Germas yang digelar oleh Bapppeda Provinsi Gorontalo, Kamis (08/01/2021) diruang rapat kantor Bapppeda.

Rapat dipimpin langsung Budiyanto Sidiki, S.Sos, M.Si selaku Kepala Bapppeda Provinsi Gorontalo. Dalam sambutannya beliau menjelaskan bahwa perlu upaya promotif dan preventif yang dimulai dari diri sendiri demi terwujudnya masyarakat sehat dan berkualitas.

Germas adalah upaya yang digagas Kementerian Kesehatan Republik Indonesia untuk mendorong semua lapisan masyarakat dapat mengembangkan perilaku pola hidup sehat dan bersih, pelaksanaan Germas lintas sektoral baik Pemerintah Pusat, Daerah, dunia usaha, dan organisasi masyarakat untuk ambil bagian berkontribusi menciptakan masyarakat yang sehat.

“Jika hidup sehat maka produktifitas akan meningkat dan terciptanya lingkungan yang bersih dan berkualitas. Germas harus menjadi perubahan perilaku yang menjadi budaya di masyarakat, sehingga perlu melakukan sosialisasi dan informasi terus-menerus agar masyarakat menerapkan GERMAS dalam kehidupan sehari-hari”, ujar Budiyanto.

Ditambahkannya, faktor kunci keberhasilan program ini yaitu dengan meningkatkan Koordinasi/ Advokasi kepada Pemerintah Kabupaten/Kota dalam pelaksanaan Germas, sosialisasi/ kampanye perubahan perilaku yang efektif dan efisien serta adanya komitmen dan dukungan para pemangku kepentingan di daerah.

Untuk menyukseskan Germas, tidak bisa hanya mengandalkan peran sektor kesehatan saja. Peran Pemerintah Provinsi dan Lembaga di sektor lainnya juga turut menentukan dan ditunjang peran serta seluruh lapisan masyarakat. Mulai dari individu, keluarga, dan masyarakat dalam mempraktekkan pola hidup sehat, akademisi, dunia usaha, organisasi kemasyarakatan dan organisasi profesi dalam menggerakkan anggotanya untuk berperilaku sehat; serta Pemerintah baik di tingkat pusat maupun daerah dalam menyiapkan sarana dan prasarana pendukung, memantau dan mengevaluasi pelaksanaannya.

Rilis : Dewi Frida/Nur Ajran
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

eleven − ten =

scroll to top