Perkuat Pelayanan Kesehatan Melalui SIK

WhatsApp-Image-2018-11-28-at-9.31.47-AM.jpeg

Dikesprovgorontalo – Sistem Informasi kesehatan adalah gabungan perangkat dan prosedur yang digunakan untuk mengelola siklus informasi (mulai dari pengumpulan data sampai pemberian umpan balik informasi) untuk mendukung pelaksanaan tindakan tepat dalam perencanaan, pelaksanaan dan Pemantauan kinerja sistem kesehatan.

Terkait dengan pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan (SIK) di daerah, Direktorat Gizi dan Kesehatan Masyarakat Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) melaksanakan Diskusi Mendalam Pelaksanaan Sistem Informasi Kesehatan di Provinsi Gorontalo yang di buka secara resmi oleh Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB, dr. Rosina Kiu, Rabu (28/11/18). Dalam sambutannya, dr. Nina mengatakan bahwa masih banyak kendala yang dihadapi di lapangan dalam pelaksanaan SIK diantaranya komitmen pimpinan dan Petugas Puskesmas dalam implementasi SIKDA, jaringan internet, jumlah Sumber Daya Manusia yang masih kurang, sarana dan prasarana SIK yang belum memadai dan Maintenance perangkat SIK yang masih kurang.

Untuk itu, beliau menekankan “perlunya penguatan SIK dengan menyusun regulasi dari Kementerian Kesehatan terkait kewajiban mengimplementasikan SIKDA Generik di seluruh FKTP dalam menunjang pelaksanaan akreditasi Puskesmas, penguatan SDM pengelola, dan dukungan anggaran untuk maintenance” tandasnya.

Sementara itu, tim dari Bappenas Bapak Irman Hermadi selaku konsultan pengembangan Telemedicine dan SIK mengatakan bahwa kegiatan ini dilaksanakan untuk mengetahui efektivitas pelaksanaan SIK generik dan SIKNAS di Provinsi Gorontalo. Menurutnya, “pendampingan penting dilakukan untuk mengetahui seluruh kendala dan hambatan yang dialami oleh daerah dalam pelaksanaan SIK karena pada tahun 2018 ini Direktorat Gizi dan Kesehatan Masyarakat Bappenas fokus pada pelaksanaan SIK karena pada tahun depan 2019 RPJMN akan segera berakhir” pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan selama 1 (satu) hari bertempat di Aula Kantor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan menghadirkan pengelola Program Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Pengelola SIK Kabupaten Gorontalo, Kabupaten Bone Bolango dan Kota Gorontalo.

Pewarta : MD

Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × 1 =

scroll to top