Natal dan Jelang Tahun Baru 2020, Dinkes Provinsi Periksa Kesehatan Pengemudi

IMG-20191225-WA0004.jpg

Tim Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo saat melakukan pemeriksaan kesehatan terhadap Pengemudi antar kota dan antar provinsi, Rabu (25/12/2019) di terminal Dungingi Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten/Kota mulai menyiagakan tim kesehatan guna mengantisipasi kondisi yang tidak diinginkan terjadi pada saat Natal dan jelang tahun baru 2020. Selain menyiagakan personil, tim kesehatan bertugas melakukan pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi antar kota dan antar provinsi.

Hal itu seperti yang dilakukan oleh tim kesehatan dari Dinkes Provinsi Gorontalo dan Kota Gorontalo, Rabu (25/12/2019) di terminal Dungingi kota Gorontalo. Kepala Seksi Pelayanan Kesehatan Primer dan Kesehatan Tradisional Nisma Abdurrahman, SKM., M. Kes., mengatakan tiap tahun selalu disiagakan tim kesehatan dan Pemeriksaan kesehatan bagi pengemudi bus berdasarkan surat dari Dirjen Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

Pemeriksaan bagi pengemudi ini bertujuan agar para pengemudi dalam kondisi kesehatan yang baik dan fisik yang layak untuk mengemudikan kendaraan untuk mencegah terjadinya kecelakaan.

“Saat perayaan hari besar keagamaan, lalu lintas darat akan semakin padat sehingga para pengemudi ini harus benar-benar fit dan sehat untuk mencegah terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan” ucap Nisma.

Di terminal Dungingi pengemudi yang diperiksa berjumlah 35 orang dan penyakit yang di diagnosa terbanyak adalah hipertensi, asam urat dan myalgia.

“Tim juga melakukan Screening Penyakit Tidak Menular dengan mengukur tekanan darah dan gula darah sewaktu” pungkasnya.

Selain itu, Tim Kesehatan Kabupaten dan Kota yang disiagakan diantaranya PSC 119 yang ada di Kabupaten Gorontalo, Rumah Sakit, Puskesmas dan di masing-masing pos keamanan juga disiagakan ambulance dan Tim Kesehatan.

Rilis : MD & Surya
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

sixteen − eleven =

scroll to top