Kumpulkan Lintas Sektor, Dinkes Bahas Penjaminan Bagi Korban Tindak Pidana

IMG-20230805-WA0004.jpg

Pertemuan lintas sektor guna membahas Penjaminan pada korban kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, kasus kekerasan dan penganiyaan.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan pertemuan lintas sektor guna membahas penjaminan pada korban kecelakaan lalu lintas, kecelakaan kerja, kasus kekerasan dan penganiyaan, Jum’at (04/08/2023) bertempat di Roemah Marly Kota Gorontalo.

Menurut Kepala Bidang Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana dan Jaminan Kesehatan Masyarakat, Afriyani Katili yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan, sejak berlakunya Perpres 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan, khususnya pada pasal 52 Ayat 1 huruf R membuat beberapa pengecualian termasuk kepada korban tindak pidana.

“Pasal tersebut menyebutkan pelayanan kesehatan yang tidak dijamin BPJS adalah pelayanan kesehatan akibat tindak pidana penganiayaan, kekerasan seksual, korban terorisme dan tindak pidana perdagangan orang,” kata Afriyani.

Afriyani menjelaskan bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini untuk mencari solusi terhadap permasalahan diatas yang seringkali menjadi keluhan masyarakat yang disampaikan kepada pihak Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Dalam pertemuan lintas sektor yang dihadiri langsung oleh Kepala PT Jasa Jaharja Cabang Gorontalo, Kabid Dokkes Polda Gorontalo, unsur dari BPJS Cabang Gorontalo, PT Taspen Cabang Gorontalo, Dinas Sosial, Dinas Nakertrans, Pimpinan Rumah Sakit Aloei Saboe, RS MM Dunda, Rumkitban dan Klinik Lapas Gorontalo ini terungkap beberapa hal yang belum sepenuhnya terinformasi baik itu kepada sesama lembaga pemerintah maupun kepada masyarakat.

“Hal ini selanjutnya akan dijadikan bahan kajian bersama dalam penanganan korban kekerasan dan penganiyaan yang selama ini dibantu melalui Dana Talangan yang berada di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.

Rilis : SHD
Editor : Nancy Pembengo/ILB

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

11 + two =

scroll to top
Bahasa »