Dinkes Provinsi dan Kemenkes Latih 124 Enumerator Survei Kesehatan Indonesia

IMG-20230805-WA0034.jpg

Kadinkes Anang Otoluwa membuka Workshop Tim Enumerator Survei Kesehatan Indonesia.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan Workshop Tim Enumerator Survei Kesehatan Indonesia (SKI) tahun 2023.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Anang S. Otoluwa mengungkapkan rekrutmen Enumerator dilaksanakan di Kabupaten/Kota sebanyak 124 orang. Anang berharap masyarakat dapat menerima kehadiran tim Enumerator ini dalam pengumpulan data dilapangan.

“Saya harapkan selama training Center ini mereka betul-betul bisa menjadi pengukur yang terstandar ya. Jadi boleh mereka berasal dari daerah mana saja tapi setelah keluar dari pelatihan ini kemampuan mereka untuk melakukan wawancara melakukan pengukuran itu akan menjadi terstandar,” ungkap Anang saat diwawancarai, Sabtu (05/08/2023) di Hotel Elmadinah Kota Gorontalo.

Ditempat yang sama, Holy Arif Wibowo, Tim Teknis Biomedis Kemenkes RI menjelaskan workshop ini dilaksanakan secara hybrid dan telah dimulai secara daring pada tanggal 31 Juli-02 Agustus 2023.

“Workshop ini adalah lanjutan dari versi yang daringnya jadi hybrid yang pertama adalah metode daring yang sudah kita lakukan kemudian ini adalah metode luringnya, jadi kegiatan ini adalah penguatan dari kegiatan yang dilakukan di proses daringnya,” jelas Arif Wibowo.

Yang ingin dicapai, kata Arif adalah Enumerator paham bagaimana cara mengumpulkan data di lapangan, melakukan wawancara, pengukuran dan pengambilan darah supaya semuanya terstandar.

“Jadi tidak ada bias karena perbedaan metode wawancara atau bias karena berbeda cara mengukur dan lain-lain jadi data yang didapatkan akan menjadi akurat nanti outputnya menjadi kebijakan yang tepat,” tuturnya.

Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) sebelumnya dilaksanakan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan telah dilaksanakan sebanyak 3 (tiga) kali yaitu tahun 2007, 2013 dan 2018 dan di tahun 2023 Badan Kebijakan Pembangunan Kesehatan (BKPK) Kemenkes RI melanjutkan Riskesdas dalam bentuk Survei Kesehatan Indonesia. Untuk Provinsi Gorontalo akan dilaksanakan di seluruh Kabupaten/Kota.

Rilis : MD
Videografer : Reza/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

seventeen − 3 =

scroll to top
Bahasa »