Komunikasi Antar Pribadi Merupakan Salah Satu Solusi Pencegahan dan Penurunan Stunting

IMG-20220601-WA0012.jpg

Foto bersama Peserta Orientasi dalam penerapan strategi komunikasi perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi dan Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dr. Yana Yanti Suleman, SH., dan Kabid Kesmas, Pengendalian Penduduk dan KB dr. Suliyanti Otto, M. Kes.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Saat ini fokus utama upaya kesehatan adalah promotif dan preventif dengan tujuan akhir adalah perubahan perilaku masyarakat dari perilaku yang tidak sehat menjadi perilaku yang bersih dan sehat.

“Perubahan perilaku adalah sesuatu yang mudah diucapkan tetapi sangat sulit dilakukan” kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., didampingi Kabid Kesehatan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan KB dr. Suliyanti Otto, M. Kes., saat memberikan arahan pada orientasi bagi Petugas Kabupaten/Kota dalam Penerapan Strategi Komunikasi Perubahan Perilaku dan Komunikasi Antar Pribadi dalam Pencegahan Stunting di Maqna Hotel Kota Gorontalo, Rabu (01/06/2022).

Fokus yang disampaikan selama pelaksanaan kegiatan ini adalah pada penurunan dan pencegahan stunting.

“Kita ketahui bersama stunting ini menjadi masalah yang diseriusi dan kemudian pemerintah melakukan segala upaya dan salah satunya dengan pelatihan petugas, melakukan promotif preventif, melakukan sosialisasi, pendekatan, melakukan perubahan perilaku melalui komunikasi antar pribadi karena cara ini dianggap sangat efektif”, jelasnya.

Setelah pelatihan ini Kadinkes berharap akan ada perubahan perilaku masyarakat melalui upaya yang akan dilakukan oleh petugas kesehatan yang telah dilatih.

“Kami berharap ketika petugas ini turun lapangan melakukan tugasnya kita akan melihat hasilnya orang per orang kemudian akan berubah mulai dari pribadi utamanya seorang ibu, orang tua, keluarga kemudian tentunya ke arah masyarakat”, pungkasnya.

Orientasi dalam penerapan strategi komunikasi perubahan perilaku dan komunikasi antar pribadi diikuti oleh petugas kesehatan dari Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dengan jumlah peserta 18 orang masing-masing adalah petugas KIA/Gizi, Kesehatan lingkungan dan promosi kesehatan. Pada kesempatan itu juga diserahkan bingkisan kepada peserta yang dianggap memiliki penilaian khusus dari narasumber

Rilis : MD
Videografer : ILB/Rasya
Foto : Dyka
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 5 =

scroll to top