Komisi IX DPR dan Kemenkes Laksanakan Kegiatan KIE Penggunaan Alkes dan PKRT

WhatsApp-Image-2022-12-04-at-22.41.36.jpg

Kegiatan KIE Penggunaan Alkes dan PKRT

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) dan Komisi IX Dewan Perwakilan Rakyat Republik Indonesia (DPR RI) melaksanakan Kegiatan Komunikasi Informasi dan Edukasi Penggunaan Alat Kesehatan dan PKRT di Kota Gorontalo, Minggu (4/12/2022) di Hotel Eljie Kota Gorontalo.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, Yana Yanti Suleman yang memberikan sambutan selamat datang dan juga arahan mengenai pentingnya pemberdayaan masyarakat atau KIE tentang penggunaan alkes dan PKRT yang benar.

“Bagaimana mengetahui cara menggunakan Alat Kesehatan dan Perbekalan Kesehatan Rumah Tangga (PKRT) yang biasa digunakan sehari-hari di rumah tangga, penting untuk kita sosialisasikan, karena kesalahan penggunaan bisa jadi akan berdampak panjang pada perjalanan suatu penyakit,” kata Yana.

Nihayatul Wafirah, Wakil Ketua Komisi IX DPR RI dalam sambutannya secara virtual juga mengungkapkan bahwa kegiatan KIE seperti ini perlu dilakukan untuk memperbaiki gaya hidup masyarakat yang dapat dimulai dari lingkungan keluarga.

“Sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan masyarakat dan Indonesia dapat bebas dari penyakit-penyakit mematikan,” ucapnya.

Sementara itu perwakilan Direktorat Pengawasan Alkes Ketua Tim Kerja Pembakuan dan Pengujian, Melly Juwitasari memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada Dinas Kesehatan Provinsi yang telah berkenan menerima tim dari Kemenkes RI bersama Komisi XI DPR.

Melly juga mengatakan, kegiatan seperti ini memang sudah menjadi target di seluruh provinsi mengingat banyak terjadi kesalahan penggunaan Alkes dan PKRT yang disebabkan karena kurangnya pengetahuan dan juga kesadaran masyarakat dalam membaca petunjuk penggunaan yang ada di kemasan Alkes dan PKRT tersebut.

Bertindak sebagai pemateri pada kegiatan ini Kabid SDK dan Farmamin Dinas Kesehatan Kota Gorontalo, Rudolf O. E. Lumy dan diakhiri dengan sesi tanya jawab dengan seluruh peserta KIE.

Rilis : Zhya
Editor : Nancy Pembengo

Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
Channel Youtube
Facebook Page
Facebook
Twitter
Instagram

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

2 + 20 =

scroll to top