Kapasitas SDM Penting Untuk Menjaga Kualitas Vaksin

IMG-20200208-WA0003.jpg

Pembukaan kegiatan meningkatkan kapasitas SDM dalam pengelolaan vaksin di Kabupaten/Kota, Jum'at (07/02/2020) di Grand Q Hotel Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Vaksin merupakan komponen utama dalam pelaksanaan imunisasi. Untuk mencapai tujuan imunisasi secara maksimal, maka perlu di tunjang dengan pengelolaan dan ketersediaan vaksin dalam jumlah cukup, berkualitas serta tepat waktu.

Hal ini disampaikan oleh Kepala Seksi Tata Kelola Obat dan Pelayanan Kefarmasian Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Farid I. Adam, S.Si.,M.Kes., Apt saat membuka pertemuan peningkatan kapasitas SDM dalam pengelolaan vaksin di Kota Gorontalo yang berlangsung di Hotel Grand Q Kota Gorontalo, Jum’at (07/02/2020).

Farid juga mengatakan bahwa dalam upaya mengimplemntasikan kebijakan pengelolaan obat satu pintu, pengelolaan vaksin dilaksanakan oleh petugas farmasi atau pengelola obat namun tetap berkolaborasi dengan petugas imunisasi.

“Petugas farmasi harus mengetahui cara pengelolaan vaksin yang baik antara lain pengecekan suhu rutin 2 kali sehari, kontrol kualitas vaksin, pemeliharaan dan penanganan rantai dingin vaksin sehingga mutu, stabilitas dan khasiat vaksin tetap terjaga” ucap Farid.

Peserta pertemuan ini adalah petugas farmasi yang ada di puskesmas di Kota Gorontalo dengan narasumber berasal dari Seksi Tata Kelola Obat dan Seksi Survailans dan Imunisasi Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo juga melibatkan instalasi farmasi Kota Gorontalo.

Melalui pertemuan ini diharapkan petugas farmasi memahami dan mampu mempraktekkan pengelolaan vaksin dan penanganan coldchain yang benar serta merumuskan rencana dan tindak lanjut pengelolaan vaksin di puskesmas.

Rilis : Indah
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

13 − 10 =

scroll to top