Kalibrasi Alkes Untuk Tingkatkan Mutu Layanan Kesehatan di Fasyankes

WhatsApp-Image-2022-06-13-at-12.21.05-PM.jpeg

Pertemuan Koordinasi Layanan Pengujian dan Kalibrasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., membuka Pertemuan Koordinasi Layanan Pengujian dan Kalibrasi Fasilitas Pelayanan Kesehatan yang dilaksanakan oleh Balai Pengamanan Fasilitas Kesehatan (BPFK), Senin (13/06/2022) di Hotel Aston Kota Gorontalo.

Kadinkes dr. Yana menjelaskan bahwa alat kesehatan dan sarana prasarana harus terkalibrasi minimal 1 (satu) tahun sekali.
“Ketika terjadi pandemi itu tidak terjadi apalagi ketika akan dilaksanakan akreditasi tentunya ini menjadi syarat utama”, kata dr. Yana.

dr. Yana juga menjelaskan tantangan yang dihadapi adalah efisiensi pembiayaan dan pemenuhan Sumber Daya Manusia dalam melaksanakan kalibrasi harus dipenuhi.

“Mudah-mudahan dengan pertemuan ini yang dihadiri langsung oleh Kepala BPFK tentunya mendapat solusi bersama menuju ke pelayanan yang akurat, sensitif dan safety baik bagi petugas maupun bagi pasien tentunya”, imbuhnya.

Kepala BPFK Makassar, Hj. Tuti Jumriah Alwi, S. Si., M. Kes., mengatakan pertemuan koordinasi ini dalam rangka sosialisasi atas layanan-layanan yang telah dilakukan oleh BPFK Makassar yang telah dilakukan di Provinsi Gorontalo.

“Ada beberapa layanan di BPFK Makassar terkait kapasitas kami yaitu berupa pengujian Kalibrasi Alkes, fungsi dan kalibrasi alat radiasi, pengujian sarana dan prasarananya, kemudian pelayanan evaluasi dosis radiasinya di fasyankes”, kata Tuti.

Tuti juga menekankan bahwa layanan kalibrasi dan pengujian Alkes serta sarana dan prasarana fasyankes adalah untuk meningkatkan kualitas pelayanan kesehatan.

“Diharapkan adanya kesadaran pihak-pihak terkait khususnya di fasilitas pelayanan kesehatan melakukan pengujian kalibrasi Alkes, sarana dan prasarana guna meningkatkan mutu pelayanan kesehatan” pungkasnya.

Kegiatan ini dilaksanakan secara hybrid yaitu tatap muka dan daring melalui aplikasi zoom Meeting yang diikuti oleh puskesmas, klinik kesehatan dan rumah sakit yang ada di Provinsi Gorontalo.

Rilis : MD/ILB
Videografer : Sari/Reza
Foto : Rasya
Video Editor : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two × one =

scroll to top