Kadinkes dr. Yana Imbau Masyarakat Terapkan PHBS Untuk Cegah Tertular Hepatitis

WhatsApp-Image-2022-08-04-at-16.02.36.jpeg

Pelaksanaan Follow Up dan skrining Bayi 9-12 Bulan pada bayi yang lahir dari Ibu Hepatitis B.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Semarak Hari Hepatitis Sedunia (HHS) Ke-13 Tahun 2022 Yang diperingati setiap Tanggal 28 Juli, pada tahun ini mengangkat tema “Mendekatkan akses pengobatan Hepatitis, Karena Hepatitis tidak dapat menunggu”.

Kegiatan HHS ke-13 dilaksanakan oleh Kementerian Kesehatan RI tepat pada tanggal 28 juli 2022 serentak diseluruh Indonesia melalui Webinar yang dibuka langsung oleh Menteri Kesehatan RI dengan menghadirkan para ahli dibidangnya.

Semarak HHS ke-13 ini pun dilaksanakan di berbagai daerah di Indonesia, tak ketinggalan Provinsi Gorontalo juga ikut menyemarakkan Hari Hepatitis Sedunia Ke-13 dimana tahun ini dilaksanakan di 2 (dua) Kabupaten/Kota.

“Adapun kegiatan yang dilakukan adalah kelas ibu hamil yang di rangkaikan dengan kegiatan skrinning HIV, Sifilis dan Hepatitis B pada semua ibu hamil di wilayah kerja Puskesmas Dumbo Raya dan Pelaksanaan Follow Up Bayi 9-12 Bulan pada bayi yang lahir dari Ibu Hepatitis B di wilayah kerja Puskesmas Kabila Kabupaten Bone Bolango,” kata dr. Yana, Rabu (03/08/2022).

Kadinkes menjelaskan, kegiatan tersebut bertujuan mengajak kepada semua masyarakat terutama ibu hamil untuk melakukan skrinning Hepatitis B agar terlindungi dari infeksi Hepatitis terutama penyakit Hepatitis B.

“Kampanye pencegahan Hepatitis B kepada ibu hamil sangatlah penting, karena jika dibiarkan atau tidak ditangani dengan cepat dan tepat sangat berisiko menjadi kanker hati hingga dapat mengancam nyawa baik ibu maupun bayi yang dikandungnya,” ucap Kadinkes.

Selain itu, dr. Yana mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tetap menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat, menghindari perilaku sex bebas, tidak menggunakan barang secara bergantian dengan orang lain seperti alat makan minum.

“Tidak lupa lakukan sesegera mungkin Vaksinasi Hepatitis B < 24 Jam Kelahiran pada semua bayi dan pemberian HBIG pada bayi yang lahir dari ibu Hepatitis B serta tetap memberikan imunisasi lengkap pada anak-anak kita,” tutur dr. Yana.

“Yuukk, Jadilah Bagian dari sejarah Eliminasi Hepatitis dan wujudkan Generasi Bebas Hepatitis”

Rilis : MD/Novianti
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + ten =

scroll to top