Kadinkes dr. Yana : Data Itu Harus Akurat, Lengkap dan Relevan Dengan Kebutuhan

IMG-20220910-WA0005.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dr.Yana Yanti Suleman,SH., menutup Pertemuan Penyusunan Profil dan Evaluasi Indikator Pembangunan Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jum'at (09/09/2022).

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kepala Dinas Kesehatan Provinsi, dr.Yana Yanti Suleman,SH., menutup Pertemuan Penyusunan Profil dan Evaluasi Indikator Pembangunan Kesehatan Provinsi Gorontalo, Jum’at (09/09/2022).

Pertemuan yang dilaksankan selama 2 hari di Hotel Grand Q Kota Gorontalo ini, kata Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., bertujuan untuk melakukan evaluasi terhadap capaian indikator pembangunan kesehatan yang salah satu sumber datanya adalah profil kesehatan.

“Data ini sangat penting agar perencanaan menjadi efektif, efisien dan sesuai sararan ” ucapnya.

Pada kegiatan ini Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota memaparkan capaian kinerja di wilayah masing masing yang diukur dengan indikator yang telah ditentukan, selanjutnya penanggungjawab kegiatan provinsi dalam hal ini kepala bidang dan atau kepala seksi di lingkungan Dinas Kesehatan Provinsi memberikan tanggapan, masukan maupun koreksi terhadap data kinerja yang dipaparkan agar menjadi bahan evaluasi bersama.

Kadinkes dr. Yana berharap beberapa hal yang menjadi kesepakatan bersama terkait data kesehatan diantaranya data kesehatan sebaiknya dikelompokkan dan sumber data diidentifikasi bersama baik berasal dari data rutin maupun dari data survey, berbeda dengan data survey yang hanya disediakan pada periode tertentu, data rutin menjadi penting untuk mengukur kinerja program karena data rutin tersedia setiap saat.

Khusus untuk hal tersebut Kadinkes berpesan bahwa data itu harus akurat, lengkap, relevan dengan kebutuhan, dapat diandalkan dan tepat waktu dalam hal pelaporan.

“Sehingga kita mendapat gambaran situasi dan kondisi kesehatan masyarakat yang ada di Provinsi Gorontalo,” pungkasnya.

Rilis : KrisNA
Edi: Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

1 × one =

scroll to top