Indeks Keluarga Sehat Masih Rendah, Perlu Kerja Keras Menggerakkan Program PIS-PK

IMG-20220607-WA0012.jpg

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Drs. Syukri J. Botutihe, M.Si., membuka Pertemuan Analisis Hasil PIS-PK Terintegrasi Program Tingkat Provinsi Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) merupakan program upaya penguatan kesehatan dasar yang mulai dilaksanakan pada tahun 2015. Untuk mendapatkan data dan informasi yang lebih komprehensif tentang pelaksanaan PIS-PK, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan Pertemuan Analisis Hasil PIS-PK Terintegrasi Program Tingkat Provinsi Gorontalo, Selasa (07/06/2022) bertempat di Hotel Elmadina, Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., mengatakan program Indonesia Sehat dengan pendekatan keluarga sudah berjalan 5 (lima) tahun seharusnya sudah mencapai target yang diharapkan.

“Ketika belum ada yang optimal tentunya kita ingin kegiatan ini terlaksana bukan hanya sekedar terlaksana, kita analisa bukan hanya dianalisa kita harus mencapai apa yang kita inginkan bersama yaitu Indonesia ataupun Gorontalo Sehat”, kata dr Yana.

dr. Yana juga berharap agar hasil pertemuan ini bisa menjadi dasar dalam pelaksanaan program.
“Kita berharap semua bisa mendengar dan kemudian mengambil hikmahnya mengambil hal yang positif untuk kemudian dilaksanakan di Dinas Kesehatan maupun Puskesmas masing-masing”, ucapnya.

Asisten I Bidang Pemerintahan Sekretariat Daerah Provinsi Gorontalo, Drs. Syukri J. Botutihe, M.Si., saat diwawancarai setelah membuka kegiatan ini menjelaskan bahwa evaluasi harus dilaksanakan secara terus-menerus terhadap Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan keluarga.

“Kita tahu persis kondisi kesehatan masyarakat dinamis, berarti macam-macam akan terjadi dilapangan oleh sebab itu kegiatan ini harus jadi pertemuan rutin untuk mengkaji serta menganalisis apa yang harus dilakukan dilapangan. Perlu kita berdayakan adalah aparat kita yang dilapangan yaitu Puskesmas kita perluas, fungsi kita perkuat kalau tidak out mereka kita susah mencapai target program Indonesia Sehat khususnya di Provinsi Gorontalo”, pungkasnya.

​Saat ini di Provinsi Gorontalo, total keluarga yang telah dikunjungi adalah sejumlah 235.587 KK dari jumlah sasaran 295.763 KK. Mengacu pada data tersebut, keluarga dengan jumlah keluarga dengan IKS > 0,800 hanya berjumlah 41.518 keluarga.

Selain data tersebut diatas, saat ini Indeks Keluarga Sehat untuk Provinsi Gorontalo masih berada pada 0,167 (tidak sehat). Hal ini menunjukkan bahwa masih diperlukan kerja keras untuk menggerakkan Program PIS-PK. Dengan pemanfaatan data yang baik dan benar, maka harapan kita adalah peningkatan derajat kesehatan masyarakat khususnya di Provinsi Gorontalo.

Rilis : MD/ILB
Videografer : Reza/Rasya
Foto : Dyka
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

15 − thirteen =

scroll to top