Dukungan dan Kerjasama Lintas Sektor Terkait Diharapkan Sukseskan Penyelenggaraan Ibadah Haji

IMG-20220608-WA0008.jpg

Rapat Evaluasi Penyelenggaraan Kesehatan Haji Pra Pemberangkatan JCH

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Penyelenggaraan ibadah haji tahun ini Kementerian Kesehatan Republik Indonesia (Kemenkes RI) berupaya menurunkan angka kematian 1 per mil dari total kuota jamaah Indonesia (100.051 orang).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., mengungkapkan situasi penyelenggaran ibadah haji 1443 H / 2022 M di Arab Saudi masuk musim panas dimana suhu 45°C s/d 54°C dengan tingkat kelembaban yang cukup rendah yaitu 20 s/d 30% dan juga kondisi angin yang mempunyai kecepatan angin rerata 15,3 per jam.

“Keadaan ini memiliki potensial mengganggu kondisi kesehatan Jemaah yang sedang melaksanakan ibadah haji”, ungkap dr. Yana saat memberikan sambutan pada rapat evaluasi penyelenggaraan kesehatan haji pra pemberangkatan Jemaah Calon Haji (JCH), Selasa (07/06/2022) di Elmadina Hotel Kota Gorontalo.

Pelaksanaan Ibadah Haji 1443 H / 2022 M dimasa situasi pandemi Covid-19, kata dr. Yana mengharuskan Pemerintah Arab Saudi membuat kebijakan bebas Covid kepada Jamaah Calon Haji (JCH) dengan menerapkan pemeriksaan PCR 3×24 Jam, Vaksin Covid-19 Lengkap (dosis 1 dan 2) dan pembatasan umur sehingga membutuhkan kerjasama dengan lintas sektor terkait dalam hai ini Kemenag Kabupaten/Kota, Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota, KKP, BTKL dan BPOM.

JCH Provinsi Gorontalo sebanyak 451 orang terbagi dalam 2 kloter (kloter 14 dan 17) dimana terdapat 58 orang Jamaah Calon Haji (JCH) yang terpisah dari kloter full 14 masuk dalam kloter 17 dan bergabung dengan Provinsi Papua Barat tanpa pendampingan dari TKHI Provinsi Gorontalo.

“Kondisi ini membutuhkan strategi khusus dalam pemantauan dari tenaga kesehatan Gorontalo dibantu oleh Kemenag agar mereka mendapat pembinaan, pelayanan dan perlindungan selama pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi”, kata dr. Yana.

Untuk itu, Kadinkes dr. Yana mengharapkan dukungan dan kerjasama semua pihak baik LS terkait maupun program dalam menyukseskan penyelenggaraan ibadah haji 1443 H/2022 M baik sebelum masuk embarkasi, pada saat embarkasi, pada saat pelaksanaan dan pasca pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi.
“Insyaa Allah seluruh jamaah haji Provinsi Gorontalo sebanyak 451 orang menjadi Haji yang mabrur, sehat dan barokah”, pungkasnya.

Rilis : MD/ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

7 + 12 =

scroll to top