Gerakan Pramuka Saka Bakti Husada Ujung Tombak Penyebarluasan Informasi Kesehatan

WhatsApp-Image-2022-08-18-at-1.22.15-PM.jpeg

Penyebarluasan Informasi Kesehatan bagi Krida Saka Bakti Husada (SBH) Provinsi Gorontalo.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan Penyebarluasan Informasi Kesehatan bagi Krida Saka Bakti Husada (SBH) sebagai bagian dari Gerakan Pramuka, Kamis (18/08/2022) bertempat di Grand Q Hotel Kota Gorontalo.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang juga sebagai Ketua Majelis Pembimbing SBH dr. Yana Yanti Suleman, SH., mengatakan peran dari Pramuka yaitu SBH sangat strategis terutama dalam upaya promotif dan preventif sesuai dengan transformasi kesehatan yang digaungkan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia.

“Kita yakini bahwa tentunya kesehatan itu dalam hal ini Dinas Kesehatan tidak akan mampu melakukan perannya sendiri dalam menyehatkan ataupun mensejahterakan masyarakat, tanpa adanya peran daripada organisasi profesi maupun dalam hal ini Pramuka tentunya,” kata dr. Yana.

dr. Yana juga menekankan bahwa upaya pencegahan promotif dan preventif merupakan ujung tombak dalam menyehatkan masyarakat dan bangsa.
“Maka itu pada kesempatan ini adek-adek Pramuka dari SMA Negeri 1 Kota Gorontalo akan dilatih keterampilan dan meningkatkan keterampilan yang ada terutama dalam hal penanganan ketahanan kesehatan,” imbuhnya.

Kadinkes juga mendorong peran gerakan pramuka SBH siap dan ikut berpartisipasi dalam menghadapi bencana kesehatan seperti pandemi Covid-19 yang terjadi pada saat ini.

“Ini salah satu kegiatan yang akan dilakukan, kita memastikan anak-anak setelah kegiatan ini punya pengetahuan dan keterampilan tentang penanganan pandemi di masyarakat,” kata dr. Yana.

dr. Yana juga berpesan agar pengetahuan dan keterampilan yang didapatkan setelah kegiatan ini dapat diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

“Harapan kami ilmu yang akan mereka dapatkan yang akan disampaikan oleh narasumber tentunya diaplikasikan utamanya untuk diri sendiri, keluarga dan masyarakat,” pungkas dr. Yana.

Kegiatan ini diikuti oleh 34 orang terdiri dari Anggota Pramuka Gugus Depan SMA Negeri 1 Kota Gorontalo, Pembina Pramuka, Kwartir Ranting Kota Timur, Kwarcab Kota Gorontalo, Kwartir Daerah dan Anggota SBH Daerah Gorontalo.

Rilis : MD
Videografer : ILB/Reza
Foto : AIS/Andi
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − twelve =

scroll to top