Gencar Lakukan Upaya Promotif Dan Preventif, Dinkes Provinsi Sasar Sekolah Menengah

WhatsApp-Image-2020-01-15-at-12.56.01.jpeg

Tim dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan upaya Promotif dan Preventif di SMK Negeri 2 Gorontalo, Rabu (15/01/2020)

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dalam mendukung program upaya promotif dan preventif pada masyarakat khususnya instansi pemerintah, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melakukan kegiatan pelayanan kesehatan kerja, Screening Penyakit Tidak Menular (PTM), Pengukuran status gizi, Sosialisasi Kesehatan Tradisional (TOGA), Penyuluhan Germas, Perilaku Hidup Bersih dan sehat, Kesehatan olahraga dan Peregangan anak sekolah, juga Isi Piringku di SMK Negeri 2 Gorontalo, Rabu (15/01/2020).

Tim yang terlibat dalam kegiatan ini yaitu Pembimbing Kesehatan Kerja, Penyuluh Kesehatan Masyarakat dan Pelaksana Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa. Selain itu, turut hadir Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat Nancy Pembengo, S. Si.

Nancy memberikan apresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena melibatkan lintas program dengan sasaran warga sekolah.
“Masing-masing program mengambil bagian sesuai dengan tugas pokok dan fungsinya, dimana Pelayanan Kesehatan Kerja, Screening PTM dan pengukuran status gizi oleh Pembimbing Kesehatan Kerja dan Pelaksana seksi PTM dan Keswa sedangkan Penyuluh Kesehatan Masyarakat dengan sasaran siswa” ucap Nancy.

Nancy berharap lintas program maupun lintas sektor dapat saling bersinergi bersama dalam upaya promotif dan preventif karena ini yang akan menjadi fokus utama program kesehatan kedepannya.

Para siswa dari perwakilan Organisasi sekolah diantaranya OSIS, Rohis, PKPR dan PMR

“Ini juga sesuai dengan fokus utama Menkes yaitu penurunan Stunting dan pembiayaan Jaminan Kesehatan melalui BPJS, upaya promotif dan preventif di harapkan dapat menurunkan angka penyakit tidak menular yang membebani BPJS” ungkapnya.

Dengan edukasi kepada siswa dapat meningkatkan pengetahuan sehingga transfer pengetahuan dapat dilakukan juga kepada siswa lain.

Sementara itu, Fungsional Pembimbing Kesehatan Kerja Madya Syarif Potutu, SKM., M. Si., mengatakan pelayanan kesehatan kerja kepada ASN guru yang ada disekolah ini juga dirangkaikan dengan kegiatan bulan Kesehatan dan Keselamatan Kerja (K3).

“Bulan K3 kali ini antara lain kegiatannya diarahkan ke sekolah menengah atas (warga sekolah, guru dan ASN) dengan melibatkan lintas program yang ada di Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. Kami berharap lintas program lainnya bisa bersama-sama melaksanakan kegiatan preventif dan promotif di bidang kesehatan dalam rangka meningkatkan derajat kesehatan masyarakat Provinsi Gorontalo yang setinggi-tingginya” tandasnya.

Screening Penyakit Tidak Menular dan Pengukuran status gizi oleh Pelaksana Seksi Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa

Screening Penyakit Tidak Menular dan Pengukuran status gizi dilakukan kepada 50 orang guru dan tata usaha sedangkan penyuluhan kesehatan kepada 50 orang siswa.

Rilis : MD & ILB
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

two + 10 =

scroll to top