Tetap Beraktifitas Fisik Menjaga Daya Tahan Tubuh Saat Berpuasa

556483ab-0c30-428f-86c8-7e1f66bb4067.jpg

Ramadhan merupakan bulan yang dinanti-nantikan oleh umat Islam. Puasa artinya berpantang makanan, minuman, dan segala sesuatu yang meniadakannya sejak terbit fajar hingga terbenamnya matahari, dengan tujuan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Semua umat Islam sehat dan aqil baliq harus berpuasa selama sebulan penuh. Meski berpuasa sangat berat bagi sebagian orang, namun mereka tetap mempunyai keistimewaan untuk mendapatkan hikmah dari Allah berupa rejeki, berbagai pahala, bahkan mukjizat kesehatan. Dengan berpuasa akan bermanfaat secara biopsikososial berupa sehat jasmani, rohani dan sosial.

Puasa tidak menghalangi untuk tetap beraktivitas walaupun tidak seperti biasanya tetapi tetap harus dilakukan. Aktivitas fisik maupun olahraga bisa dilakukan walaupun sedang menjalani puasa. Hal ini dilakukan untuk menjaga tubuh tetap bugar.

Dengan olahraga teratur, akan meningkatkan kebugaran tubuh, olahraga teratur dapat meningkatkan daya tahan dan stamina, kepercayaan diri dan daya ingat, mengurangi stres serta kinerja seksual, dan meningkatkan sirkulasi darah. Selain itu, meningkatkan reaksi kolateral, perkembangan pembuluh darah kecil/sirkulasi mikro di jantung, ginjal, dan organ lainnya, sehingga mengurangi risiko serangan jantung.

Ada berbagai pantangan selama berpuasa, namun bukan berarti aktivitas kita hanya diisi dengan tidur dan bermalas-malasan saja. Agar tetap sehat, jangan tinggalkan olahraga.

Ada beberapa rekomendasi jenis olahraga pada saat berpuasa, ketika sedang berpuasa tubuh tidak memiliki cukup energi untuk melakukan aktivitas yang berat, agar tetap aktiv pastikan melakukan jinis olahraga ringan seperti :

1. Yoga

    Melakukan olahraga ringan yang bisa dilakukan dirumah dan tidak begitu menguras energi. Gerakan yoga berfokus pada teknik pernapasan untuk merenggangkan otot dan membuat rileks otak. Yoga bisa meningkatkan fleksibilitas tubuh, menjaga kesehatan jantung dan paru-paru, mengurangi nyeri punggung, meningkatkan kesehatan mental dan membantu proses pemulihan penyakit.

    2. Jalan santai

    Jalan kaki dapat meningkatkan proses metabolisme serta pembakaran kalori dalam tubuh, sehingga mampu menurunkan kadar lemak berlebih dan mengontrol berat badan. Manfaat Jalan Kaki secara rutin yaitu :

    • Menjaga berat badan ideal agar bisa mengoptimalkan proses metabolism dan pembakaran kalori dalam tubuh,
    • Mengontrol gula darah agar tubuh tetap stabil sehingga dapat menurunkan resiko penyakit diabetes
    • Membantu melancarkan system pencernaan, setelah mengonsumsi makanan disarankan beraktivitas fisik ringa untuk membantu melancarkan pencernaan yaitu berjalan sekitar 20-30 menit
    • Meningkatkan suasana hati karena dapat menurunkan pelepasan hormone stress, yaitu hormon kortisol dari dalam tubuh.

    3. Bersepeda

      Bersepeda saat puasa bisa dilakukan dengan jarak dekat, sehingga tidak begitu melelahkan. Selain membantu membakar lemak dan kalori, olahraga ini juga bermanfaat menyehatkan jantung dan mengencangkan otot. Bersepeda dapat Menjaga kesehatan jantung Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah menurun sehingga berefek positif penderita tekanan darah tinggi.

      Referensi :

      • siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/olahraga-saat-puasa,
      • siloamhospitals.com/informasi-siloam/artikel/manfaat-yoga
      • djkn.kemenkeu.go.id/manfaat-bersepeda-bagi-tubuh-kita.thml,
      • Yudik Prasetyo, S.Or, April 2009 Pengaruh Olahraga Dibulan Puasa
        https://staffnew.uny.ac.id/upload/132308484/penelitian/Yudik_Medikora_April_2009_Pengaruh_Olahraga_di_Bulan_Puasa.pdf

      Narasi : Salsa/ILB
      Editor : Nancy Pembengo/MD

      Sosial Media Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo :
      Channel Youtube
      Facebook Page
      Facebook
      Twitter
      Instagram

      Tinggalkan Balasan

      Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

      20 − fourteen =

      scroll to top
      Bahasa »