Evaluasi Pelaksanaan GEMA CERMAT di kabupaten Boalemo

IMG-20190824-WA0006.jpg

Monitoring dan evaluasi pelaksanaan Gema Cermat di Kabupaten Boalemo, Senin (20/08/2019) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo

Kabupaten Boalemo, Dinkesprov – Guna memantapkan kembali pelaksanaan program Penggunaan Obat Rasional (POR) melalui GeMa CerMat dan mengetahui tindak lanjut GeMa CerMat yang telah dilakukan oleh Apoteker Agent of Change baik secara perorangan maupun kelompok di Kabupaten Boalemo, Dinas kesehatan provinsi Gorontalo melalui Seksi Tata Kelola Obat dan Pelayanan Kefarmasian melaksanakan pertemuan monitoring dan evaluasi pelaksanaan gema cermat di Kabupaten/kota, Senin (20/08/2019) di Aula Kantor Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo.

Di era digital seperti sekarang ini, masyarakat akan sangat mudah mendapatkan berbagai macam produk baik legal maupun illegal sehingga peluang untuk terjadinya penyalahgunaan obat lebih besar lagi.

“Nah gema cermat merupakan salah satu program unggulan kementrian kesehatan yang telah dicanangkan secara nasional oleh ibu Menteri kesehatan sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran masyarakat tentang pentingnya penggunaan obat secara benar” ungkap Kasie Tata Kelola Obat dan Pelayanan Kefarmasian Dinkes provinsi Gorontalo Farid I. Adam, S.Si.,M.Kes.,Apt

Hal senada juga disampaikan oleh Kepala Bidang Yankes dan SDK, Dinas Kesehatan Kabupaten Boalemo dr. Ruslyaras saat membuka acara tersebut. Dijelaskannya bahwa di Boalemo sendiri, Gema Cermat ini telah dicanangkan tahun 2018 lalu dan telah dilakukan pula pembekalan bagi Apoteker Agent of change (AoC).

Ruslyaras mengharapkan melalui kegiatan Gema Cermat ini dapat meningkatkan peran dari Apoteker (AoC) yang telah dilatih di kabupaten Boalemo dan meningkatkan kemandirian dan perubahan perilaku masyarakat dalam memilih, mendapatkan, menggunakan, menyimpan dan membuang obat secara benar serta meningkatkan penggunaan obat secara rasional.

“Evaluasi penting dilakukan untuk melihat sejauh mana peran AoC Gema Cermat di kabupaten Boalemo dalam mencapai keberhasilan tujuan pelaksanaan gema cermat” Pungkasnya.

Rilis Indah
Editor : Nancy Pembengo & MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

fifteen − 1 =

scroll to top