Ekspedisi Pinogu Jilid IV

WhatsApp-Image-2018-08-14-at-02.10.47.jpeg

Jelang HUT RI ke 73, Dikes Lanjutkan Ekspedisi Pinogu Untuk Keempat Kalinya, Fokus Pelayanan Imunisasi MR Hingga Pelayanan Kesehatan

Dinkesprovgorontalo- Jelang Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI yang ke-73. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo kembali melanjutkan program ekspedisi pinogu yang merupakan program tahunan untuk pemberian layanan kesehatan di desa terpencil dan terdalam. Kali ini ada sekitar 30 tenaga kesehatan baik dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Kabupaten Bone Bolango, serta anggota Pramuka yang akan ikut menjalankan ekspedisi Pinogu ke IV ini.

Perjalanan dimulai sejak dini hari tadi (14/8). Tim eksepedisi akan berada selama dua hari untuk memberikan pelayanan dan kembali pada tanggal 18 Agustus usai melaksanakan upacara Kemerdekaan RI pada 17 Agustus.

Sebelum tim ekspedisi Pinogu menempuh perjalanan panjang, Senin (13/8) Sekretaris Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Misranda Nalole, SE, M.Si melepas tim yang akan berangkat. Misranda Nalole berpesan kegiatan yang sudah dilaksanakan selama empat tahun terakhir ini sudah menjadi program rutin Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam memberikan pelayanan kesehatan di daerah terpencil dan terdalam.

“Disana mereka akan melakukan kegiatan pemeriksaan kesehatan bagi masyarakat, baik itu screening penyakit tidak menular, screening penyakit menular, screening mata, kampanye Gerakan masyarakat hidup sehat hingga pemberian imunisasi MR kepada anak usia 9 bulan hingga 15 tahun. Itu akan dilakukan selama dua hari, dan puncaknya pada tanggal 17 Agustus mereka bersama-sama dengan masyarakat dan pemerintah desa disana akan menggelar upacara HUT RI ke 73,” ucap Misranda.

Misranda Nalole memberi apresiasi yang begitu besar kepada tenaga kesehatan maupun pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan Bone Bolango serta anggota pramuka Saka Bakti Husada yang sukarela maupun untuk melakukan ekspedisi Pinogu IV ini.

Menurutnya untuk menempuh Kecamatan Pinogu bukan hal yang mudah. Selain harus menempuh jarak yang begitu jauh dengan medan yang begitu berat, tim juga membawa peralatan kesehatan yang nantinya harus steril serta bermutu bagi masyarakat di Pinogu.

“Perjalanan kesana sangat berat. Apalagi mereka membawa tentengan yang begitu banyak. Alat-alat kesehatan, vaksin MR yang suhunya harus terjaga hingga sampai disana, dan perlengkapan mereka. Namun allhamdulillah dengan keiklasan, kemauan yang besar, ekspedisi Pinogu tahun ini sudah sangat siap, dan semua adalah relawan-relawan yang mau berjuang untuk kesehatan masyarakat di Pinogu,” jelasnya.

Sementara itu, ketua tim ekspedisi Pinogu IV 2018, Sabri Panigoro, SKM, M.Kes mengatakan mereka akan berangkat pada lepas salat subuh nanti. Seluruh kesiapan, baik perlengkapan pribadi maupun alat-alat kesehatan sudah dikemas dengan rapih. Bahkan setiap anggota tim jauh-jauh hari sebelumnya sudah membekali diri untuk menempuh perjalanan yang begitu jauh tersebut.

“Insyaallah kami sehat-sehat, baik dari perjalanan kami hingga tiba di lokasi dan balik lagi ke rumah masing-masing. Kami berharap kehadiran kami disana membawa manfaat yang besar bagi masyarakat serta menghindarkan masyarakat disana dari penyakit-penyakit kronis serta memberi pengetahuan kepada masyarakat betapa pentingnya hidup sehat dan bersih,” tandas Sabrin Panigoro yang juga Kepala Seksi Kesjor Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo. (ndi_GP,admin)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

one × 3 =

scroll to top