Dinkes Provinsi Giatkan Sosialisasi Deteksi Dini Faktor Risiko PTM

WhatsApp-Image-2019-07-12-at-10.58.21.jpeg

Kasie Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo Netty S. Salimi, SKM., M. Kes., (jilbab kuning) saat memberikan materi pada Sosialisasi Gerakan Deteksi Dini Faktor Risiko PTM di Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo.

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Data Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) terjadi peningkatan Penyakit Tidak Menular (PTM) diantaranya kanker, stroke, ginjal, Diabetes Melitus dan Hipertensi.

Peningkatan PTM itu dapat disebabkan oleh perilaku atau gaya hidup masyarakat masa kini yang tidak sehat dan sedentary.

Ada tiga faktor risiko utama yang menyebabkan peningkatan angka penyakit tidak menular. Yang pertama adalah masalah terkait diet atau makanan, yang kedua adalah perilaku, dan yang ketiga terkait lingkungan seperti polusi udara.

Hal itu, diungkap Netty S. Salimi, SKM., M. Kes., Kasie Penyakit Tidak Menular dan Kesehatan Jiwa saat memberikan materi pada Sosialisasi Gerakan Deteksi Dini Faktor Risiko Penyakit Tidak Menular Di Kecamatan Dungaliyo Kabupaten Gorontalo, Selasa, (09/07 /2019) yang berlangsung selama 4 (empat) hari sampai dengan Jum’at (12/07/2019).

PTM memberikan kontribusi kematian tertinggi di dunia untuk itu, menurut Netty deteksi dini penting sebagai upaya pencegahan.
“Salah satu kegiatan yang dilakukan adalah Pos Binaan Terpadu (Posbindu) yang dilakukan oleh Puskesmas” kata Netty.

Peran Dinas Kesehatan Kabupaten/Kota dan Provinsi agar lebih menggiatkan sosialisasi dan Advokasi kepada masyarakat sehingga menumbuhkan pengetahuan masyarakat tentang PTM dan pencegahannya.

Seperti yang kami lakukan saat ini mengumpulkan camat, tim Penggerak PKK, Kepala desa, tokoh masyarakat, tokoh agama, LSM, Karang Taruna dan petugas kesehatan, tujuannya agar informasi ini tersampaikan dan yang hadir dapat menjadi corong untuk menyampaikan kepada masyarakat yang lain terkait PTM, pungkas Netty.

Rilis : MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − 3 =

scroll to top