Donor Darah Berdampak Positif, Masyarakat Dihimbau Ikut Berpartisipasi

IMG-20210608-WA0001.jpg

Kegiatan Donor Darah di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bersama UTD PMI Kota Gorontalo dan RSUD dr. Hasri Ainun Habibie Provinsi Gorontalo menggelar kegiatan Donor Darah dalam rangka Hari Donor Darah Sedunia Tahun 2021 dengan tema donorkan darahmu, kehidupan dunia terjaga, Selasa (08/06/2021).

Kadinkes Provinsi dr. Yana Yanti Suleman, SH., memberikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada pendonor darah sukarela yang ikut berpartisipasi.

“Kami sangat apresiasi bagi yang bersedia mendonorkan darahnya pada kegiatan ini”, ucap dr. Yana dalam sambutannya.

Provinsi Gorontalo tidak hanya melaksanakan kegiatan donor darah tapi juga akan mengkoordinasikan rangkaian kegiatan dengan instansi terkait, khususnya Palang Merah Indonesia diantaranya dengan melakukan sosialisasi kepada masyarakat agar mau melakukan donor darah sukarela.

Selain itu, dr. Yana juga menjelaskan bahwa pendonor sukarela harus memenuhi syarat diantaranya sudah dewasa, lolos skrining, perempuan tidak dalam keadaan hamil dan haid serta cukup istirahat sehari sebelum mendonorkan darah.

“Insya Allah dengan kriteria ini bapak/ibu dapat menjadi pendonor darah sukarela menjadi rutin setiap 3 bulan dengan membentuk komunitas donor darah sukarela”, ungkap Kadinkes.

Untuk itu, Kadinkes mengajak masyarakat ikut berpartisipasi menjadi pendonor darah sukarela walaupun masih dimasa Pandemi Covid-19 karena akan memberikan dampak positif diantaranya membantu sesama dan bagi program kesehatan lainnya kata dr. Yana, mencegah faktor risiko penyakit tidak menular diantaranya tekanan darah terkontrol, memenuhi kebutuhan darah dan menurunkan kematian ibu.

Target jumlah pendonor pada pelaksanaan kegiatan ini sebanyak 100 kantong darah yang diikuti oleh pegawai Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dan tenaga kesehatan di RSUD dr. Hasri Ainun Habibie dan jika masih ada masyarakat yang mau mendonorkan darahnya akan difasilitasi dengan kegiatan yang sama.

Rilis : MD/ILB
Live Streaming : AIS/Arvan
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

five × one =

scroll to top