Vaksinasi Covid-19 Bagi Lansia di Desa Luwoo Diintegrasikan Dengan Posbindu

IMG-20210607-WA0025.jpg

Salah seorang lansia yang divaksin didampingi Kepala Desa Luwoo Ibrahim Rahman, S.Pd., Senin (07/06/2021).

Kabupaten Gorontalo, Dinkesprov – Dalam rangka meningkatkan cakupan vaksinasi lansia, khususnya di wilayah kerja Puskesmas Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Tim Vaksinasi Covid-19 melaksanakan kegiatan sosialisasi dan vaksinasi yang dirangkaikan bersama kegiatan Posbindu, bertempat di Lapangan Teluk Aur, Desa Luwoo, Kecamatan Talaga Jaya, Kabupaten Gorontalo, Senin (07/06/2021).

Hal ini dilaksanakan mengingat lansia adalah kelompok yang rentan terpapar penyakit termasuk penularan Covid 19.

Dokter Puskesmas Talaga Jaya, dr. Mohamad Geleri Mertosono, menjelaskan pentingnya edukasi kepada lansia, terutama masalah keamanan dan kehalalannya, sehingga lansia tidak perlu merasa takut karena vaksin ini akan memberikan kekebalan terhadap tubuh sehingga tidak mudah tertular covid-19, dan kalaupun terpapar tidak akan memberikan gejala yang berat hingga menyebabkan kematian.

“Sasaran lansia di Wilayah Kerja Puskesmas Talaga Jaya sebanyak 1121 lansia dan khusus untuk Desa Luwoo sebanyak 309 lansia”, ucap dr. Mohamad Geleri.

Pada pelaksanaannya dihadiri oleh 25 lansia, namun vaksinasi hanya dapat diberikan kepada 7 lansia, dikarenakan 18 lansia lainnya masih dalam kondisi sakit. Meski demikian, pihak puskesmas akan terus melakukan percepatan vaksinasi dengan berkoordinasi bersama lintas sektor setempat.

“Kami akan terus berupaya melaksanakan percepatan vaksinasi dengan sasaran lansia dan pelayan publik agar herd immunity bisa segera terwujud. Harapannya warga yang menjadi sasaran program vaksinasi dapat bekerja sama dan bagi lintas sektor, pengurus RT/RW, kader kesehatan, karang taruna serta pemangku kepentingan lainnya bisa terus aktif menggalang keikutsertaan dalam percepatan vaksinasi”, ungkap Geleri.

Sementara itu, Kepala Desa Luwoo Ibrahim Rahman, S.Pd., mengatakan sebelumnya sebagai dukungan pemerintah desa pada program Vaksinasi Covid-19 seluruh perangkat desa yang merupakan petugas pelayanan publik telah divaksinasi sehingga saat ini fokus pada lansia.

“Pemerintah Desa siap dengan dukungan penyelenggaraan kegiatan tersebut dimana Pemerintah Desa Luwoo siap dengan PMT sebagai penambah gizi dan imun yang dibagikan pada lansia”, tutup Kades Ibrahim.

Rilis : ILB/Nisfa
Editor : Nancy Pembengo/MD

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

ten + fourteen =

scroll to top