Dinkes Provinsi Lakukan Pembinaan Program PIS-PK untuk Ciptakan Keluarga Sehat

IMG-20210922-WA0007.jpg

Foto bersama penerima penghargaan pada Pembukaan Pertemuan Koordinasi Teknis Pembinaan Pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2021, bertempat di Hotel Grand Q Kota Gorontalo

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo semakin meningkatkan cakupan pelaksanaan Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK) untuk ciptakan keluarga sehat. Adapun salah satu upaya yang dilakukan dengan melakukan pembinaan program yang berlangsung di Hotel Grand Q Kota Gorontalo dan diselenggarakan selama dua hari, yang dimulai Selasa (21/09/2021).

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. Yana Yanti Suleman, SH., mengungkapkan kegiatan ini diharapkan dapat memberikan masukan terutama kepada puskesmas yang ada di Kabupaten/Kota se-Provinsi Gorontalo.

“Ini penting untuk tetap menjamin kesehatan keluarga di masing-masing wilayah kerja puskesmas,” ungkap Yana usai kegiatan.

Yana menuturkan, indikator yang diperlukan dalam menjalankan program ini contohnya, keluarga yang tidak merokok, selalu memeriksakan kehamilan dan mempunyai kartu jaminan kesehatan.

“Yang semua indikator tersebut ada sekitar 12 indikator yang perlu dipenuhi untuk menjalankan program,” tutur Yana.

Tak sampai disitu, dirinya mengatakan memang saat menjalankan program tersebut kadang pihaknya mengalami kendala dan hambatan terutama soal keluarga yang belum mau menjalankan program tersebut.

“Namun upaya preventif dan promotif selalu kita jalankan, agar masalah tersebut dapat dipecahkan,” tandasnya

Pada kesempatan tersebut Kadinkes dr. Yana memberikan penghargaan kepada beberapa pihak yang berhasil menjalankan program ini yakni pertama, Puskesmas dengan Indeks Keluarga Sehat (IKS) Tertinggi se-Provinsi Gorontalo ialah Puskesmas Kota Timur, Kota Gorontalo, kedua, Puskesmas dengan Persentase Kunjungan Keluarga Tertinggi se-Provinsi Gorontalo, Puskesmas Biau, Kabupaten Gorontalo Utara serta Kabupaten yg telah meraih Total Coverage yakni Kabupaten Bone Bolango.

Rilis : Putra (gps)
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

nine − nine =

scroll to top