Dinkes Provinsi Gorontalo Terbaik Nasional Profil Kesehatan dan IKDR, Raih 7 Penghargaan

IMG-20211108-WA0008.jpg

Penerimaan penghargaan Profil Kesehatan terbaik Nasional Tahun 2020 dan penilaian Indeks Kualitas Data Rutin (IKDR) yang diselenggararakan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI.

Bogor, Dinkesprov – Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo kembali meraih penghargaan dalam penilaian pada pemeringkatan Profil Kesehatan terbaik Nasional Tahun 2020 yang diselenggararakan oleh Pusat Data dan Informasi Kementerian Kesehatan RI, Senin (01/11/2021) di Big Land Hotel Bogor, Jawa Barat. Setelah tahun lalu (2020) Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo meraih Juara 1 Kategori Kelengkapan variable data Profil Kesehatan Tahun 2019, dan saat ini mampu menjadi pemenang 5 (lima) kategori semua komponen penilaian profil kesehatan tahun 2020.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., memberikan apresiasi dan penghargaan kepada jajaran Dinas Kesehatan Provinsi, kabupaten dan kota atas prestasi ini.
“Hal ini membuktikan bahwa jajaran kesehatan konsisten menyediakan data dan informasi capaian program setiap tahun yang dapat diakses oleh masyarakat” ucap dr. Yana.

Dengan konsistensi ini maka Dinas Kesehatan Provinsi, kabupaten dan kota seharusnya dapat meningkatkan kualitas perencanaan program.
“Kedepan perencanaan program Kesehatan harus sesuai data, prioritas, efektif, efisien dan tepat sasaran” ungkapnya.

Kadinkes berharap prestasi ini harus dapat dipertahankan dan lebih ditingkatkan agar penyediaan data bagi kepentingan stakeholder dan masyarakat selalu upto date sesuai dengan kondisi dilapangan, pungkas dr. Yana.

Profil kesehatan merupakan upaya menyediakan kebutuhan data dan informasi capaian program kesehatan dalam kurun waktu tahunan yang dapat di akses oleh masyarakat. Profil kesehatan sudah ada sejak tahun 2001 seiring berdirinya Provinsi Gorontalo. Kategori penilaian profil kesehatan adalah Konsistensi Indikator, Kelengkapan Variable dan Indikator serta Kelengkapan Unit melapor.

Selain itu, Perolehan penghargaan diberikan kepada Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo atas penilaian Indeks Kualitas Data Rutin (IKDR) dengan 2 (dua) kategori yaitu Peringkat 1 kategori Konsistensi Antar Indikator Data Rutin dan memperoleh peringkat ke 2 kategori Kelengkapan Unit Melapor. IKDR merupakan penghargaan yang diberikan atas pengelolaan data pelaporan rutin capaian program kesehatan di Provinsi Gorontalo. Total penghargaan yang diterima sebanyak 7 piagam.

Rilis : Rina/MD
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

four × 1 =

scroll to top