Pandu PTM Upaya Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Tidak Menular

IMG-20211110-WA0024.jpg

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH., saat membuka Pelatihan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PANDU PTM) Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2021, Selasa (10/11/2021) di Grand Q Hotel.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Tantangan pembangunan bidang kesehatan saat ini masih dihadapkan pada kondisi “Triple burden” yaitu suatu keadaan dimana penyakit menular masih merupakan masalah kesehatan masyarakat, dilain pihak angka kesakitan dan kematian yang disebabkan oleh penyakit tidak menular (PTM) cenderung meningkat serta sekaligus menghadapi tantangan penyakit-penyakit baru.

Pemerintah telah melakukan upaya-upaya dalam menanggulangi permasalahan tersebut yang tentunya memerlukan dukungan sumber daya kesehatan sebagai pelaksana yang bekerja secara profesional salah satunya dengan meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan tenaga kesehatan sebagai garda terdepan dalam pelayanan kesehatan

“Bapak ibu ini yang nantinya diharapkan dapat menjadi Agent of Change (agen perubahan) dalam pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular yang ada di wilayah kerja puskesmas masing-masing kabupaten/kota” ungkap Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman, SH saat membuka Pelatihan Pelayanan Terpadu Penyakit Tidak Menular (PANDU PTM) Tingkat Provinsi Gorontalo Tahun 2021, Selasa (10/11/2021) di Grand Q Hotel.

Penyakit tidak menular saat ini ini menjadi penyebab kematian tertinggi dan pembiayaan termahal sehingga perlu menjadi perhatian kita bersama.

“Besar harapan kami, dengan adanya pelatihan ini pencegahan dan pengendalian penyakit tidak menular (PTM) dapat terintegrasi dan berjalan sinergis melalui upaya promotif dan preventif dengan tidak mengabaikan upaya kuratif dan rehabilitatif, partisipasi dan pemberdayaan masyarakat” pungkas dr. Yana.

Pelatihan akan berlangsung dari tanggal 09 s/d 14 November ini di ikuti oleh tenaga kesehatan diantaranya dokter, perawat dan nakes lainnya yang mengelola program penyakit tidak menular di puskesmas kabupaten/kota.

Rilis : Indah
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

16 − 15 =

scroll to top