Dinkes Provinsi Gelar Kampanye Pemberian Tablet Tambah Darah Bagi Remaja Putri di Bone Bolango

WhatsApp-Image-2021-11-05-at-12.20.49.jpeg

Kampanye Penurunan AKI dan AKB melalui Pemberian tambah darah bagi remaja putri di buka oleh Wakil Bupati Bone Bolango Dr. Merlan Uloli

Kabupaten Bone Bolango, Dinkesprov – Anemia masih merupakan masalah kesehatan masyarakat di dunia, dimana hampir 2,3 milyar orang mengalaminya. Di Indonesia berdasarkan data Riskesdas, prevalensi anemia pada remaja sebesar 32% artinya 3-4 dari 10 remaja menderita anemia. Kondisi ini akan membawa pengaruh besar saat remaja putri nantinya menjadi ibu dan melahirkan anak.

Untuk menurunkan Angka Kematian Ibu (AKI) dan Angka Kematian Bayi (AKB) Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melaksanakan kampanye pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri, Jum’at (05/11/2021) di Aula Kantor Camat Kabila.

Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Bupati (Wabup) Bone Bolango, Dr. Merlan Uloli dan dihadiri Kasie Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Nancy Pembengo, S.Si., yang mewakili Kepala Dinas Kesehatan Provinsi dan Kadis Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir.

Wabup Merlan Uloli memberikan apresiasi pelaksanaan kampanye penurunan AKI dan AKB melalui pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri yang dilaksanakan oleh Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

“Kami dari pemerintah kabupaten Bone Bolango mengucapkan terima kasih atas program yang luar biasa dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dalam rangka kampanye tablet tambah darah untuk meminimalisir AKI dan AKB”, ucap Merlan.

Merlan juga mengungkapkan pemerintah Kabupaten Bone Bolango sangat mensupport kegiatan ini dan berharap akan menjangkau seluruh kecamatan terutama wilayah pinggiran pesisir pantai sangat penting mendapat informasi dan edukasi.

“Karena untuk melahirkan generasi-generasi Gorontalo yang tangguh memang sejak dini harus kita intervensi jangan terlambat sehingga meningkatkan stunting karena ini bisa jadi cikal stunting”, ungkapnya.

Kegiatan ini juga tidak hanya untuk menurunkan AKI dan AKB tetapi juga agar stunting dapat dicegah sehingga tidak ada lagi stunting di Gorontalo.
“Terima kasih kepada Bapak Gubernur atas program yang luar biasa ini Insyaa Allah kerja sama ini semakin terus dilakukan sehingga benar-benar masyarakat Gorontalo khususnya Bone Bolango dapat terlayani oleh program-program Provinsi”, imbuh Merlan.

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo yang diwakili Kepala Seksi Promosi Kesehatan dan Pemberdayaan Masyarakat, Nancy Pembengo, S.Si., mengatakan pemilihan Kabupaten Bone Bolango karena capaian tablet tambah darah masih 82% dan belum mencapai target dimana target yang ingin dicapai yaitu 90%.

“Oleh sebab itu kita perlu upaya-upaya mencapai target yang kita inginkan salah satunya kampanye penurunan AKI dan AKB melalui pemberian tablet tambah darah”, kata Nancy.

Nancy juga berharap kegiatan dapat dilaksanakan di Kabupaten/Kota lain sehingga penurunan AKI dan AKB bisa menjangkau seluruh Provinsi Gorontalo, pungkasnya.

Kegiatan ini diikuti oleh perwakilan siswa SMP dan SMA di wilayah Kecamatan Kabila, Suwawa, dan Tapa sebanyak 115 orang.

Rilis : MD/ILB
Videografer : AIS/Reza
Video Editor : Reza
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

twenty − fifteen =

scroll to top