Dinkes Provinsi Dorong Penyelenggaraan Kabupaten Kota Sehat

IMG-20201023-WA0014-1.jpg

Bimtek dan Monev penyelenggaraan kabupaten kota sehat di Bappeda Kabupaten Gorontalo Utara beberapa waktu lalu.

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Kabupaten/Kota Sehat adalah suatu kondisi kabupaten/kota yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah. Hal itu juga berdasarkan Peraturan Menteri Dalam Negeri dan Menteri Kesehatan Nomor 34 Tahun 2005 dan Nomor 1138/MENKES/PB/VIII/2005 tentang Penyelenggaraan Kabupaten/ Kota Sehat.

Capaian penyelenggaraan Kabupaten/Kota sehat Provinsi Gorontalo dengan kategori penghargaan Swati Saba Padapa sudah 6 (enam) Kabupaten/ Kota, Wiwerda 2 (dua) Kabupaten/Kota, sedangkan Wistara belum ada yang mendapatkan penghargaan.

Untuk itu, Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo melalui Seksi Kesling Kesjaor melaksanakan Bimtek dan Monev Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat yang dilaksanakan di 6 (enam) Kabupaten/kota yang dilaksanakan selama 2 (dua) hari sejak tanggal 15 s/d 16 Oktober 2020.

“Program KKS ini bertujuan agar tercapai kondisi Kabupaten/Kota bersih, aman, nyaman dan sehat untuk dihuni dan sebagai tempat bekerja bagi warganya dengan cara terlaksananya berbagai program-program kesehatan dan sektor lain sehingga dapat meningkatkan sarana, produktivitas dan perekonomian masyarakatnya. Kegiatan yang dilaksanakan setiap 2 (dua) tahun sekali ini, melibatkan lintas program dan lintas sektor sebagai tim penilai Kabupaten/ Kota sehat”, ungkap Kabid Kesmas, PP dan KB, dr. Rosina Kiu.

Dijelaskannya, penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan dengan memberdayakan masyarakat yang difasilitasi oleh Pemerintah Kabupaten/Kota. Untuk mewujudkannya dilaksanakan melalui “Forum” atau dengan memfungsikan lembaga masyarakat yang ada.

Forum tersebut disebut “Forum Kabupaten/Kota Sehat” atau sebutan lain yang serupa sampai tingkat kecamatan dan desa. Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo bersama- sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten / Kota mengunjungi Forum Kabupaten/ Kota sehat yang ada di Bappeda untuk berkoordinir dengan pihak-pihak terkait serta memastikan Sekretariat Tim Pembina Forum Kabupaten/ Kota Sehat. Beberapa Kabupaten juga ada yang berubah susunan pengurus Forum KKS sehingga butuh pembinaan dari Tim Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Penyelenggaraan Kabupaten/Kota Sehat dilakukan melalui berbagai kegiatan pemberdayaan masyarakat, secara bertahap dengan menempatkan masyarakat sebagai pelaku pembangunan dengan dukungan pemerintah daerah dan mendapatkan fasilitas dari sektor terkait melalui program yang telah dilaksanakan.

“Tatanan dan sasaran Kabupaten/Kota Sehat sesuai dengan potensi dan permasalahan pada masing-masing kecamatan di Kabupaten, dikelompokkan dalam 9 tatanan berdasarkan tatanan/kawasan dan permasalahan khusus”, ujar Nina.

Dinas/Instansi/lembaga koordinator menjadi penanggung jawab pada tiap-tiap tatanan, dengan beranggotakan dinas/lembaga lainnya yang mempunyai peran dan fungsi untuk mewujudkan tatanan tersebut menjadi tatanan sehat.

Senada dengan hal tersebut, Kepala Seksi Kesling Kesjaor Sabri Panigoro, SKM, M.Kes menjelaskan bahwa Forum Kabupaten/Kota adalah wadah bagi masyarakat untuk menyalurkan aspirasinya dan berpatisipasi turut menentukan arah, prioritas, perencanaan pembangunan wilayahnya yang mengintegrasikan berbagai aspek sehingga dapat mewujudkan wilayah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni oleh warganya.

“Untuk mendukung kinerja forum, dibentuk “Tim Pembina Kabupaten/Kota Sehat” untuk menyelaraskan kebutuhan masyarakat sesuai dengan arah pembangunan daerah, yang dikoordinasikan oleh Kepala Badan Perencanaan Daerah dengan anggota dari instansi terkait yang ditetapkan dengan Surat Keputusan Bupati/Walikota”, pungkas Sabri.

Rilis : Dewi Frida / Nur Ajran
Editor : Nancy Pembengo

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

9 − 3 =

scroll to top