Dinas Kesehatan Provinsi Dukung Fakultas Kedokteran UNG

Adobe_Post_20190110_111831-e1547098836195.jpeg

dr. Rosina Kiu, Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan KB menerima Piala bergilir dari Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo, dr. H. Triyanto S. Bialangi, M.Kes saat Pencanangan HKN Ke 54 Tahun 2018 di Sport Centre Limboto

Kota Gorontalo, Dinkesprov – Visitasi yang dilakukan tim dari Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek Dikti) untuk fakultas kedokteran Universitas Negeri Gorontalo (UNG) mendapat support dari Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo.

Kehadiran fakultas kedokteran ini sendiri tentunya akan meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di bumi Serambi Madinah.

Menurut Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Dinas Kesehatan Provinsi, dr. Rosina Kiu bahwa kemajuan sektor kesehatan di provinsi Gorontalo menunjukkan trand positif. Apalagi ditunjang dengan peningkatan SDM dengan membuka fakultas kedokteran UNG.

“Kami melihat sejauh ini UNG sudah siap. Baik dari sarana prasarananya, dosen serta kelengkapan yang dibutuhkan. Tentu kami mensupport UNG dalam percepatan fakultas kedokteran. Sebab dengan dibukanya fakultas kedokteran, tentunya akan banyak manfaat yang didapatkan masyarakat Gorontalo. Tidak hanya meningkat di sektor kesehatan, tetapi untuk sekolah kedokteran sekarang tidak perlu jauh-jauh dan biayanya lebih efisien,” ucap dr. Rosina.

Dokter yang sering disapa dr. Nina itu menambahkan bahwa Gubernur Gorontalo serta kepala daerah lainnya dan rektor UNG sudah begitu begitu lama menantikan kehadiran fakultas kedokteran di Gorontalo. Dari seluruh provinsi di Indonesia, tersisa Gorontalo dan Banten yang belum membuka fakultas kedokteran.

“Pasti antusias dari masyarakat akan sangat luar biasa. Kita berharap tidak hanya kuantitas yang dihasilkan. Namun kualitas dari fakultas kedokteran ini harus benar-benar baik. Yang ditunjang dengan rekrutmen mahasiswa yang lebih selektif sesaui mekanisme yang telah ditentukan,” paparnya.

Sebelumnya, Wakil Gubernur Gorontalo Idris Rahim mengungkapkan perjuangan pembentukan fakultas kedokteran di UNG sudah sangat lama dinanti.

“Berulang kali kami memperjuangkan kepada pak Menteri. Allhamdulillah sudah dikirim tim visitasi yang akan bekerja intens selama beberapa hari ke depan untuk melihat sejauh mana persiapan Fakultas Kedokteran UNG ini,” paparnya.

Jika tidak ada arah melintang, Fakultas Kedokteran UNG akan terbentuk pada dua minggu ke depan.

“Dua minggu ke depan kita akan lihat. Nantinya akan mulai beroperasi di bulan Januari ini,” tandasnya.

Pada pertemuan Tim Visitasi dari Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bersama jajaran UNG yang turut dihadiri oleh Wakil Gubernur Gorontalo H. Idris Rahim, Bupati Bone Bolango Hamim Pou, Sekretaris Daerah Kota Gorontalo, serta sejumlah calon dosen Fakultas Kedokteran UNG di gedung Rektorat UNG, Rabu (9/1/2019). (ndi)

Tim INFOKOM

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

19 − six =

scroll to top